Sumatera Barat

Dukung Ketahanan Pangan di Tanah Datar, Petani Nagari Cubadak Panen Raya

81
×

Dukung Ketahanan Pangan di Tanah Datar, Petani Nagari Cubadak Panen Raya

Sebarkan artikel ini
Dukung Ketahanan Pangan di Tanah Datar, Petani Nagari Cubadak Panen Raya
Panen raya di Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar menghasilkan 7 ton gabah per hektare. (ist)
mjnews.id – Petani di Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar melaksanakan panen raya. Panen padi kali ini menjadi kegiatan serentak digelar di seluruh Indonesia dalam mendukung ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.
Pada kegiatan Kamis (9/7/2020) itu panen dilakukan di hamparan Kelompok Tani Munggu Panjang Nagari Cubadak, diikuti Kapolres Tanah Datar, AKBP Rokhmad Hari Purnomo, pejabat Pemkab dan TNI.
Pada kesempatan itu, Kapolres mengatakan bahwa panen ini dilakukan petani dan didatangi Polri, TNI dan Pemkab merupakan bentuk perhatian untuk kesediaan pangan di tengah pandemi Covid-19.
Saat ini pangan merupakan sektor kekuatan ekonomi dan berguna bagi kesejahterakan masyarakat.
“Selain membantu masyarakat pada jam dinas, di luar jam dinas pun personil TNI-Polri melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga memiliki lahan pangan yang digarap sendiri, dan guna mendukung ketahanan pangan,” ungkapnya.
Usai panen bersama, rombongan dijamu dengan nasi lamak baluo dan minum kawa daun, diiringi musik tradisional talempong pacik.
Ketua Kelompok Tani Munggu Panjang Dt. Paduko Mawarlis menyebutkan ada seluas 35 hektare sawah yang dimiliki kelompok taninya dimana terbagi menjadi dua hamparan.
Panen saat ini adalah sehamparan yang seluas 10 hektare yang terdiri dari kurang lebih 45 petak sawah.
“Pada kelompok tani kami rata-rata tiap panen menghasilkan 7 ton padi setiap hektarenya. Jadi dengan hasil padi tersebut, Nagari Cubadak selalu memiliki cadangan beras yang berlebih dan terkadang dikirim keluar daerah,” ucapnya.
Sementara, Walinagari Cubadak, Asrizallis menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada Polri dan jajaran Forkopimda dan Pemkab yang ikut bersama petani saat panen. (mus)

Kami Hadir di Google News