Sumatera Barat

Pemnag Bukik Batabuah Dorong Kelompok Tani Tingkatkan Usaha

110
×

Pemnag Bukik Batabuah Dorong Kelompok Tani Tingkatkan Usaha

Sebarkan artikel ini
Pemnag Bukik Batabuah Dorong Kelompok Tani Tingkatkan Usaha
Camat Canduang, Fauzi bersama Walinagari Bukik Batabuah Firdaus, Koordinator BPP Canduang, Sulce, TKSK Zulhendri Malin dan mahasiswa KKN, diabadikan usai panen kentang Keltan Bukik Mulia Jorong Gobah. (ist)
mjnews.id – Walinagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Agam, Firdaus, mendorong kelompok tani (Keltan) di wilayah itu, guna meningkatkan usaha di sektor pertanian dalam rangka menyukseskan nagari ketahanan pangan secara nasional.
Pengharapan itu disampaikan Walinagari Bukik Batabuah, Firdaus di Pondok Kawa Daun Da Eh Kubu Apa, Kamis (9/7/2020) usai menghadiri panen tanaman kentang Keltan Bukik Mulia Jorong Gobah yang dihadiri Camat Canduang, Fauzi, Koordinator BPP Kecamatan Canduang, Sulce, Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Zulhendri Malin dan mahasiswa KKN.
Bukik Batabuah salah satu nagari di Kecamatan Canduang berada di lereng gunung marapi berhawa sejuk. 
Berbagai jenis tanaman hortikultura sangat cocok dengan iklim pengembangan sektor pertanian sayur dan buah-buahan. Artinya, untuk meningkatkan usaha petani melalui wadah kelompok tani perlu dilakukan pembinaan secara terpadu dari semua pihak.
Dijelaskan Firdaus, wadah Keltan di Bukik Batabuah sebetulnya cukup banyak. Yang sudah memiliki SK ada 27 kelompok tani. 
“Tentunya kita diharapkan, bagi kelompok tani yang sudah terbentuk berdasarkan pembinaan dari petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) bersama Wali Jorong supaya didaftarkan ke kantor walinagari untuk diterbitkan SK sebagai legalitas wadah kelompok tani,” harapnya.
Sementara Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Canduang, Sulce menjelaskan, untuk peningkatan usaha di sektor pertanian melalui wadah kelompok tani di seluruh nagari di Kecamatan Canduang itu, cukup menggembirakan dengan berbagai jenis usaha tanaman. Seperti kentang, bawang merah dan tanaman padi sawah meliputi 75 Keltan. (irm)

Kami Hadir di Google News