Sumatera Barat

Samsat Lubuk Sikaping Buka Loket Pelayanan di Nagari Padang Gelugur

82
×

Samsat Lubuk Sikaping Buka Loket Pelayanan di Nagari Padang Gelugur

Sebarkan artikel ini
Samsat Lubuk Sikaping Buka Loket Pelayanan di Nagari Padang Gelugur
Samsat Lubuk Sikaping. (ist)
mjnews.id – Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Lubuk Sikaping, terapkan layanan jemput bola melalui program Samsat keliling termasuk membuka loket pelayanaan Samsat Nagari di Kecamatan Padang Gelugur.
Upaya ini diharapkan dapat mempermudah dan mempermurah wajib pajak yang ada di krcamatan, untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya, tanpa harus bersusah payah ke Lubuk Sikaping.
Hal ini disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Pendapatan Daerah Lubuksikaping, Reflis, didampingi Kanit Regident Satlantas Ipda Edi Dalimunthe, dan Plt Kasi Penetapan Penerimaan, Wirdawati, Sabtu (11/7/2020).
Namun tutur Reflis, hasil evaluasi pihaknya, pelayanan Samsat keliling dan Samsat nagari kurang optimal dimanfaatkan wajib pajak, apalagi dimasa PSBB Covid 19 lalu, layanan tersebut sempat stagnan.
Untuk itu, demi lebih tersosialisasinya program ini kembali, Reflis beserta jajarannya melakukan sosialisasi ke masyarakat dengan publikasi keliling dan penyebaran brosur melalui para tokoh dan pihak yang berkompeten di kecamatan, serta melalui informasi media sosial. 
“Selama tiga hari ke depan, kami melakukan publikasi keliling menginformasikan langsung ke masyarakat dengan mobil unit publikasi Dinas Kominfo Pasaman, serta membagi- bagikan brosur tentang jadual dan tempat layanan Samkel dan Samnag,” ujar Reflis.
Dijelaskannya, Kabupaten Pasaman memiliki ren tang kendala tersendiri dalam hal pembayaran pajak kendaraan, akibat wilayah Pasaman yang begitu luas, dengan sebaran penduduk hingga ke pelosok-pelosok.
“Ada kendala di masyarakat, terutama yang berada di Kecamatan Mapattunggul, Mapattunggul Selatan, Rao Utara, Dua Koto, dan Kecamatan Tigo Nagari, dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan. Selain masalah biaya dan transportasi, juga persoalan waktu. Karena untuk ke Lubuksikaping, bisa menghabiskan waktu hingga satu hari penuh,” jelas Reflis.
Perihal jadwal, tahun 2020 ini, Samsat Lubuk Sikaping telah menetapkan jadwal Samkel yakni Pasar Padang Gantiang, Kecamatan Tigo Nagari, hari Selasa, dan pasar Kumpulan, Kecamatan Bonjol pada hari Kamis.
Untuk Kecamatan Rao, yang sebelumnya pada setiap hari Sabtu, digeser ke hari Senin minggu ke-2 di Gedung Serba Guna Rao, dan ditambah hari Rabu minggu ke-2 di kantor Wali Nagari Lansek Kodok, plus pasar Kauman pada hari Jumat.
Dan pelayanan baru, juga dibuka di pasar Simpang Tonang Kecamatan Dua Koto, terhitung mulai Januari 2020 lalu.
Selain itu, juga dilaksanakan pelayanan Samsat Nagari di Kantor Wali Nagari Bahagia Padang Gelugur, semenjak bulan Mai 2019, dengan menempatkan 2 orang petugas. 
“Harapan kita, kiranya masyarakat dapat memanfaatkan titik-titik pelayanan ini, untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya,” imbau Reflis. (amr)

Kami Hadir di Google News