EkonomiSumatera Barat

Wakil Walikota Solok, Reinier Apresiasi Bimtek Minyak Atsiri

124
×

Wakil Walikota Solok, Reinier Apresiasi Bimtek Minyak Atsiri

Sebarkan artikel ini
Wakil Walikota Solok, Reinier Apresiasi Bimtek Minyak Atsiri
Wakil Walikota Solok, Reinier menghadiri dan mengapresiasi bimtek turunan minyak atsiri. (ist)
mjnews.id – Wakil Walikota Solok Reinier, mengapresiasi kegiatan bimbingan teknis ‘Turunan Minyak Atsiri’ yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Senin (13/7/2020) di Hotel Imelda Kota Padang. Diyakini, dengan adanya turunan-turunan minyak atsiri ini dapat mengurai lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian para petani. 
“Kegiatan ini merupakan upaya membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian dan megurangi angka kemiskinan,” ujar Reinier.
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumbar Asben Hendri mengatakan, meskipun ada recofusing anggaran, namun kegiatan ini tetap dipertahankan. 
Seperti diketahui, Kota Solok sebagai salah satu penghasil minyak atsiri, kini sedang menjadi primadona baru, diminati oleh masyarakat dan petani. 
Kata Asben, minyak atsiri salah satu bahan baku untuk sterilisasi untuk mengantisipasi pandemi Covid-19. “Produk turunan minyak atsiri bisa dijadikan disinfektan, serta hand sanitizer, parfum dan kosmetik,” sebutnya.
Ke depan, lanjutnya, perlu keseriusan untuk mengembangkan minyak atsiri ini. “Diharapkan para petani minyak atsiri tidak ada yang terkena imbas dari pandemi Covid-19,” sebutnya.
Sebelumnya, Emilham Harshad melaporkan, peserta bimtek ini terdiri dari 16 orang dari IKM penghasil minyak atsiri. Rinciannya, dari Kota Padang 8 IKM, Kota Solok 2 IKM, Kabupaten Solok 2 IKM, Kota Sawahlunto 2 IKM, Kabupalen Sijunjung 1 IKM, serta Kabupaten Kepulauan Mentawai 1 IKM.
Kegiatan dihelat 13-16 Juli 2020 dengan total materi pelatihan sebanyak 31 jam. (das)

Kami Hadir di Google News