PendidikanSumatera Barat

SMP Tamansiswa Padang, Sekolah Umum Berbasis Islam Terpadu

142
×

SMP Tamansiswa Padang, Sekolah Umum Berbasis Islam Terpadu

Sebarkan artikel ini
SMP Tamansiswa Padang, Sekolah Umum Berbasis Islam Terpadu
Kepala SMP Tamansiswa Padang, Firdaus

mjnews.id
– SMP Tamansiswa memiliki keunggulan sebagai sekolah umum berbasis Islam Terpadu. Para siswa tak hanya dibekali dengan ilmu pengetahuan namun juga ilmu agama dan ketauhidan. Dengan demikian, siswa memiliki keseimbangan kemampuan intelektual dengan keimanannya.
Hal itu ditegaskan Kepala SMP Tamansiswa Padang, Firdaus di kantornya, Selasa (14/7/2020). Menurutnya, SMP ini tampil beda dengan memiliki nilai plus dibandingkan dengan sekolah lainnya di Padang.
Disebutkannya, di SMP Tamansiswa ini para siswa diajarkan hafiz, ilmu fiqih dan juga memiliki Taman Pendidikan Alquran (TPA). Dengan demikian, para siswa memiliki ilmu seimbang antara ilmu umum dengan agama.
Disebutkan, para siswa dibekali dengan pendidikan karakter sehingga mereka akan menjadi generasi yang pintar otaknya dan kuat imannya. Mereka pun bisa memiliki filter terhadap pengaruh yang tak baik dari luar pada zaman globalisasi ini.
“Pendidikan dan praktek ilmu agama tersebut diberikan setelah para siswa mempelajari ilmu umum. Di SMP Tamansiswa ini mengabungkan kurikulum sekolah umum dan pesantren,” ujar Firdaus. 
Pelajaran agama itu dilaksanakan selama 2-3 jam setiap harinya. Kemudian, juga wajib hafal ayat pendek. Itu diterapkan bagi siswa yang naik kelas dan tamat SMP.
Bagi setiap siswa yang naik kelas harus hafal minimal 5 ayat. Para siswa pun diajarkan juga bagaimana menjadi dai atau penceramah.
Sehingga, ketika tamat SMP mereka sudah hafal minimal 5 ayat. Dengan demikian, bagi siswa laki-laki bisa menjadi imam di masjid. Fasilitas yang dimiliki cukup dan ditambah sesuai kebutuhan.
Tenaga pengajarnya selain guru SMP Tamansiswa juga tenaga luar seperti dari Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol. Moto bangga menjadi bagian Tamansiswa pun akan melekat pada diri setiap siswa.
Ditambahkannya, pendaftaran dan uang pembangunan di SMP Tamansiswa gratis alias tak bayar karena pihak yayasan masih cukup mampu melengkapi fasilitas yang dibutuhkan.
Ditambahkannya, saat ini SMP Tamsis mempersiapkan rumah tahfiz terpadu untuk siswa sehingga lulusan sekolah ini menjadi penghafal Alquran. (*/eds)

Kami Hadir di Google News