Sumatera Barat

Kementan Apresiasi Pembudidaya Bunga Krisan di Kawasan Payo

104
×

Kementan Apresiasi Pembudidaya Bunga Krisan di Kawasan Payo

Sebarkan artikel ini
Kementan Apresiasi Pembudidaya Bunga Krisan di Kawasan Payo
Liferdi Lukman, Direktur Buah dan Florikultura, Dirjen Holtikultura, Kementerian Pertanian bersama Walikota Solok, Zul Elfian di objek agrowisata Batu Patah, Payo. (ist)
mjnews.id – Pembudidaya bunga krisan di Payo, Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok diapresiasi. Apalagi mereka berhasil mensiasati pemasaran bunga krisan dengan tetap mematuhi aturan social distancing saat pandemi Covid-19. 
Apresiasi tersebut diberikan oleh Direktur Buah dan Florikultura, Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian RI, Liferdi Lukman, ketika mengunjungi agrowisata Batu Patah Puncak Payo, Selasa (14/7/2020) usai jamuan makan siang di Rumah Makan Salero Kampuang oleh Walikota Solok, H. Zul Elfian.
Ia mengakui, tertarik dengan view (pemandangan) dan iklim Payo yang terletak 800 MDPL tersebut. Bahkan akan membangun empat green house dari Kementerian Pertanian, sehingga Payo memang benar-benar menajdi kawasan agrowisata pembudiayaan dan pengembangan bunga krisan.
Lebih menariknya, penjualan bunga krisan oleh pembudidaya dilakukan melalui media sosial secara online dan door to door ke rumah warga. Bahkan mereka melayani pemesanan krisan dengan sistem pesan antar, sehingga warga tidak perlu keluar rumah untuk membeli tanaman krisan,” ujar Liferdi, putra Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, yang juga alumni Faperta UMMY Solok tersebut.
Adapun pengembangan krisan utama di Sumbar, menurutnya, ada di Kota Solok dan Kabupaten Solok. Dalam mendorong pengembangan agribisnis krisan di Kota Solok, pihaknya akan mengalokasikan dana untuk pembuatan empat unit green house untuk pengembangan bunga krisan dengan total dana Rp500 juta serta pengembangan tanaman durian seluas 50 Ha dengan bibit durian 5.000 batang pada tahun 2020 ini. 
Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini mengharuskan pelaku usaha florikultura untuk lebih kreatif dalam melakukan inovasi. “Sesuai arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), meminta seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu mendorong inovasi di bidang pertanian,” ujarnya.
Walikota Zul Elfian kontan menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Kementerian Pertanian atas dukungan dalam upaya pengembangan agrowisata Payo serta pengembangan buah durian di Kota Solok. Hadir mendampingi, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal, Kepala Dinas Pertanian H. Ikhvan Maroza, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dedi Asmar serta Kepala Bidang Pertamanan Zulkifli. (das)

Kami Hadir di Google News