EkonomiSumatera Barat

Ada Budidaya Buah Naga, Nasrul Abit Dorong Nagari Batuhampar Menjadi Daerah Agrowisata

110
×

Ada Budidaya Buah Naga, Nasrul Abit Dorong Nagari Batuhampar Menjadi Daerah Agrowisata

Sebarkan artikel ini
Ada Budidaya Buah Naga, Nasrul Abit Dorong Nagari Batuhampar Menjadi Daerah Agrowisata
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit meninjau budidaya buah naga di Batuhampar, Kabupaten Limapuluh Kota. (Humas)
mjnews.id – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mendorong buah naga menjadi produk unggulan Batuhampar, Kecamatan Akabiluru, Limapuluh Kota. Daerah itu saat ini ditanami 3.900 batang buah naga dengan luas lahan 1 hektare.
“Untuk satu kali kurun waktu 40 hari panen dengan hasil 2 ton, kisaran harga 20 ribu perkilo. Hasilnya mencapai Rp40 juta sampai Rp75 juta setiap panen. Jika ini dapat dikelola dengan baik tentunya akan dapat meningkatkan kesejahteraan petani, perlu juga inovasi-inovasi baru dalam produksi dan pengembangan pemasarannya,” ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat meninjau Agrowisata kebun buah naga Nagari Batuhampar Kecamatan Akabiluru Limapuluh Kota, Selasa (21/7/2020).
Untuk itu, selain potensi hasil buah, daerah itu juga bisa dikembangkan menjadi nagari agrowisata. Untuk mewujudkan itu pemerintah akan membantu jalan supaya lebih memudahkan mobilisasi produk perkebunan warga. 
Selanjutnya Nasrul Abit mengatakan, rata-rata masyarakat Limapuluh Kota bergerak di sektor perkebunan, pertanian serta sektor peternakan. 
Romi Suhardi Walinagari Batuhampar menyampaikan, selain buah naga saat ini sudah tumbuh subur lahan pisang 10 hektare, lahan lemon yang lagi marak berbuah 25 hektare, ada jeruk. 
“Daerah ini siap dikembangkan jadi lokasi agrowisata dan untuk pengembangan ke depan perlu sentuhan, baik dari Pemkab Limapuluh Kota, provinsi dan pemerintah pusat, terutama dalam pembangunan infrastruktur jalan dan pemasarannya,” harapnya.
Diungkapkan Romi Suhardi, sekarang masih banyak lahan kering lainnya yang belum terolah. Hal ini tentu terbuka minat para investasi memajukan daerah ini. 
“Kehadiran Pak Wagub Nasrul Abit tentunya sangat membanggakan dan memotivasi kami untuk mengembangkan potensi ini lebih baik ke depannya,” serunya. (fik)

Kami Hadir di Google News