Sumatera Barat

Kemendes PDTT di Pessel: Demi Ketahanan Pangan, Petani Harus Terus Berproduksi

63
×

Kemendes PDTT di Pessel: Demi Ketahanan Pangan, Petani Harus Terus Berproduksi

Sebarkan artikel ini
Demi Ketahanan Pangan, Petani Harus Terus Berproduksi
mjnews.id – Pemerintah Nagari (Pemnag) harus mendorong petani untuk dapat berproduksi secara berkelanjutan dalam rangka peningkatan ketahanan pangan.
Hal itu dikatakan Direktur Perencanaan dan Identifikasi Daerah Tertinggal Kementerian Desa PDTT, Rafdinal ketika melakukan pertemuan dengan Walinagari Bunga Pasang, Nasri Enrijon, Sabtu (25/7/2020).
“Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, sektor pertanian harus tetap dioptimalkan, sehingga ketahanan pangan di tengah-tengah masyarakat tetap terjaga,” katanya.
Kemudian yang mesti harus diperbanyak adalah lumbung pangan untuk menstabilkan harga pangan dan ketersediaan pangan, terutama ketika terjadi bencana alam atau bencana non alam seperti Covid-19.
“Ya, dana desa juga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan ketahanan pangan masyarakat. Terkait hal itu, maka pemerintah nagari juga hendaknya aktif membangun komunikasi dengan pihak pemerintah kabupaten melalui perangkat daerah terkait,” pintanya.
Sementara Kadis PMDPPKB Pesisir Selatan, Wendi pada kesempatan itu mengungkapkan, pembangunan nagari dimulai dari perencanaan dan penganggaran. Kemudian berlanjut pelaksanaan dan pengendalian pembangunan, pengembangan potensi dan produk unggulan nagari dan kawasan perdesaan.
Berikutnya menurut Wendi, upaya penguatan peran kelembagaan pemerintahan, masyarakat, kelembagaan ekonomi dan lainnya juga menjadi penting. Lalu, pembangunan dan peningkatan pelayanan sosial dasar masyarakat dan sebagainya.
Sedangkan yang terkait dengan penguatan peran pendampingan dan fasilitasi difokuskan pada penerapan teknologi dan inovasi pembangunan, membangun kemitraan dan kerjasama. 
“Kita akan selalu berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait dan stakeholder lainnya dalam memacu pembangunan nagari kedepan,” tegasnya.
Ia menjelaskan, perencanaan dan penganggaran pembangunan nagari, dan pembangunan prioritas sektoral lainnya adalah satu kesatuan yang tidak dipisahkan dalam upaya untuk mendukung pembangunan nagari, pertumbuhan ekonomi skala nagari, kawasan dan daerah.
“Dalam hal ini, seluruh perangkat daerah terkait mesti saling berkoordinasi, sehingga pembangunan nagari dan kawasan perdesaan dapat dilakukan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraaan masyarakat”, ucapnya.
Disebutkan lebih lanjut, pemerintah nagari diharapkan bisa melakukan inovasi-inovasi baik dari sisi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pelayanan dan lainnya. (myd)

Kami Hadir di Google News