Sumatera Barat

Bupati Sijunjung Resmikan Rumah Baca Lansek Manih

76
×

Bupati Sijunjung Resmikan Rumah Baca Lansek Manih

Sebarkan artikel ini
Bupati Sijunjung Resmikan Rumah Baca Lansek Manih
Pada peresmian Rumah Baca Lansek Manih di Taman Edukasi Bukik Gadang, Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan rombongan disuguhi siriah di carano oleh remaja yang mengenakan pakaian Bundo Kanduang. (Humas)

mjnews.id
– Dengan adanya Rumah Vaca Lansek Manih di Taman Edukasi Bukik Gadang, Bupati Sijunjung, H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo berharap objek wisata itu makin ramai pengunjungnya.
Seiring dengan itu, minat membaca anak-anak dan remaja khususnya serta masyarakat pada umum nya, diharapkan makin tinggi. Karena ada ungkapan, “buku adalah jendela dunia, buku adalah gudang ilmu.” Artinya, membaca buku banyak manfaatnya.
“Manfaat yang didapat dari membaca buku, antara lain meningkatkan kecerdasan, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta menumbuhkan rasa empati dan mengurangi stres,” kata bupati pada peresmian Rumah Baca Lansek Manih di Taman Edukasi Bukik Gadang, Sabtu (25/7/2020) sore.
Rumah Baca Lansek Manih yang diresmikan, dibangun oleh 23 mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) yang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung.
Peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Rektor UNP H. Ganefri, PhD., selain dihadiri Bupati Yuswir Arifin, juga dihadiri Dandim Letkol Inf. Dwi Putranto, Wakapolres Kompol Andi Santoso, ketua tim penggerak PKK, Ny. Hj. En Yuswir Arifin, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala bagian, Camat Sijunjung, Khalfian Nuraflis, Walinagari Muaro, dosen pembimbing dan mahasiswa UNP yang KKN di Kabupaten Sijunjung.
Atas nama masyarakat dan pemerintah daerah, Bupati Yuswir Arifin mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa UNP yang telah menggagas dan membangun Rumah Baca Lansek Manih di Taman Edukasi Bukik Gadang.
Pembangunan rumah baca ini adalah langkah tepat untuk meningkatkan literasi dan minat anak-anak dan remaja khususnya serta masyarakat pada umumnya. Di samping itu juga merupakan program unggulan dalam upaya pembinaan berkelanjutan terhadap anak-anak dan remaja dalam pendidikan, sehingga melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berwawasan luas.
“Karena itu, atas nama masyarakat dan pemerintah daerah, saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa UNP yang telah menggagas dan membangun rumah Baca Lansek Manih ini. Kepada pengunjung, saya berharap dan mengimbau agar menjaga dan memelihara Rumah Baca Lansek Manih dengan baik, supaya tujuan pembangunannya melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berwawasan luas tercapai sebagaimana mestinya,” pesan Bupati Yuswir Arifin.
Tentang Taman Edukasi Bukik Gadang yang baru dibangun, bupati mengatakan, pemerintah Kabupaten Sijunjung akan terus membenahi dan memperindah serta melengkapi sarana untuk bermain. Supaya berbagai sarana dan prasarana yang sudah ada bisa dimanfaatkan dalam waktu lama, pengunjung diharapkan dan diimbau agar mempergunakannya dengan baik dan benar.
Atas nama keluarga besar UNP, Rektor UNP Ganefri mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung yang telah menerima mahasiswa UNP untuk melaksanakan KKN.
Terkait rumah Baca Lansek Manih yang dibangun dan diresmikan, Ganefri berharap dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat, terutama oleh anak-anak dan remaja yang akan melanjutkan pembangunan bangsa dan negara. (ggg)

Kami Hadir di Google News