EkonomiSumatera Barat

Stabilkan Harga Pangan, Inflasi Daerah di Sumatera Barat Terjaga

92
×

Stabilkan Harga Pangan, Inflasi Daerah di Sumatera Barat Terjaga

Sebarkan artikel ini
Stabilkan Harga Pangan, Inflasi Daerah di Sumatera Barat Terjaga
Petugas enumerator memantau harga bahan pangan pokok stategis di pasar-pasar seluruh kab/kota termasuk kab. Kep. Mentawai untuk kemudian dilaporkan ke web panel harga pangan tiap hari. (ist)

mjnews.id
– Jangan sampai terjadi inflasi di daerah lantaran kondisi komoditi pangan tidak sebanding antara ketersediaan dengan konsumsi. Ini menyebabkan harga melambung dan akan mengganggu perekonomian masyarakat. Karena itu inflasi daerah harus dikendalikan melalui ketersediaan pangan, keterjangkauan harga dan kelancaran distribusi.
Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan pada Dinas Pangan Sumbar, Ir. Mikdad Hurya, menyebutkan, untuk langkah antisipasi di tingkat kabupaten/kota, pemerintah daerah memantapkan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait agar stabilitas harga dan pasokan pangan terjaga.
Disebutkan, untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan pangan tersebut, Dinas Pangan Sumbar mempunyai 40 orang petugas enumerator yang melakukan pemantauan harga bahan pangan pokok stategis di pasar-pasar seluruh kab/kota termasuk Kabupaten Kepulauan Mentawai. 
Petugas enumerator ini akan melaporkan harga dan pasokan pangan tersebut setiap harinya ke web panel harga pangan. Data yang diinput tersebut dipantau terus oleh Dinas Pangan Sumbar. 
“Data ini sangat berguna untuk mengambil kebijakan salah satu contohnya apabila terjadi lonjakan harga pangan TTIC kita akan menggelar operasi pasar dan gelar pangan murah,” terangnya.
Secara rinci harga hari ini dibandingkan harga di awal Juli untuk beberapa kebutuhan pokok antara lain, harga beras relatif stabil, harga beras premium Rp13.500/kg, medium Rp12.000/kg, termurah Rp10.500/kg. 
Kemudian, harga bawang merah yang sebelumnya di awal Jli mencapai Rp40.000/kg saat ini turun menjadi Rp25.000/kg. Begitu pula harga bawang putih turun signifikan dari harga Rp24.000/kg ke harga Rp19.000/kg.
Harga cabe merah naik dari harga Rp15.000/kg ke harga Rp25.000/kg, harga daging sapi stabil di harga kisaran Rp120.000/kg, harga daging ayam mengalami penurunan setiap hari dalam sepekan ini dari harga Rp34.000/kg kini turun menjadi Rp28.000/kg.
Lalu, harga telur ayam ukuran besar sedikit naik dari Rp15.000/butir menjadi Rp17.000/butir, harga gula pasir turun dari Rp18.000/kg menjadi Rp14.000/kg dan harga minyak goreng relatif stabil di harga Rp11.000/kg. (ajo)

Kami Hadir di Google News