EkonomiSumatera Barat

Ketua MES Padang: Sistem Ekonomi Syariah Bangkitkan Ekonomi Umat

97
×

Ketua MES Padang: Sistem Ekonomi Syariah Bangkitkan Ekonomi Umat

Sebarkan artikel ini
Ketua MES Padang: Sistem Ekonomi Syariah Bangkitkan Ekonomi Umat
Wawako Hendri Septa yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Padang bersama pengurus MES Sumbar, pimpinan Bank Perkreditan Syariah dan lainnya. (Humas)

mjnews.id
– Pemerintah Kota Padang sudah mencanangkan sistem ekonomi syariah. Harapan yang dicapai adalah dengan menerapkan sistem ekonomi syariah, maka akan mendorong kebangkitan ekonomi umat. Bahkan secara bertahap, untuk transaksi dan pengelolaan keuangan Pemko Padang, secara bertahap akan dilakukan di bank-bank syariah.
“Semua ini kita lakukan semata-mata hanya untuk meraih ridho Allah Subhana wa Ta’ala, bukan untuk mencari keuntungan materi,” ungkap Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Padang.
Menurut dia, ekonomi syariah menjadi bagian yang sangat penting dalam penguatan umat, disamping peningkatan keimanan, akhlak dan keilmuan. Terutama, bagi generasi muda yang notabene-nya sebagai generasi penerus bangsa.
Pemko Padang juga telah memulai berbagai program dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan ekonomi syariah. Di antaranya, program wisata syariah termasuk pengelolaan hotel secara syariah. 
Pemberdayaan perekonomian syariah untuk Padang sendiri sejak beberapa tahun yang lalu telah dikembangkan dengan membentuk Kelompok Usaha Jasa Keuangan Syariah (KJKS) yang tersebar di 104 kelurahan yang ada di Padang.
Dengan penerapan sistem syariah ini, Walikota Mahyeldi yang juga Ketum MES Sumbar pernah berharap agar seluruh warga Padang menerapkan sistem syariah di setiap lini kehidupan, terutama dalam hal perekonomian. Tentunya, hal itu sangat erat kaitannya dengan filosofi Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.
Hendri menambahkan penerapan ekonomi syariah tidah hanya sebatas tentang pengetahuan dan penerapan sistem perbankan atau jasa keuangan syariah saja, tapi juga menyangkut tata kelola perekonomian secara keseluruhan dengan berdasarkan syariah. 
Baik itu tentang perdagangan atau jual-beli, simpan pinjam, industri, pariwisata, zakat, infaq, sedekah dan yang lainnya.
“Kita akan bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk menyukseskan penerapan sistem ekonomi syariah ini di Kota Padang, dalam mewujudkan masyarakat madani,” tambah Hendri, usai rapat pengurus MES Padang, Senin (27/7/2020) yang dihadiri juga pengurus MES Sumbar, Ahmad Wira dan pengurus MES Padang lainnya. (eds)

Kami Hadir di Google News