InfrastrukturSumatera Barat

Rp4,2 Miliar untuk Rehab Irigasi Sungai Sirah Lunang

78
×

Rp4,2 Miliar untuk Rehab Irigasi Sungai Sirah Lunang

Sebarkan artikel ini
Rp4,2 Miliar untuk Rehab Irigasi Sungai Sirah Lunang
mjnews.id – Jaringan Irigasi Sungai Sirah, Nagari Pondok Parian Lunang, Kecamatan Lunang, Pesisir Selatan direhabilitasi tahun ini dengan anggaran Rp 4,2 miliar.
“Sejak 25 tahun terakhir pembangunan jaringan Irigasi Sungai Sirah tidak tersentuh dengan maksimal, dan tahun ini akan dituntaskan secara keseluruhan,” kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni usai meletakan batu pertama rehabilitasi irigasi tersebut, Selasa (28/7/2020).
Dijelaskan, panjang jaringan irigasi yang akan direhabilitasi sepanjang 10 km, 50 persen diantaranya kondisi fisiknya permanen, sementara sebagian lagi belum.
“Mudah-mudahan proyek miliaran rupiah ini bisa memperbaiki jaringan irigasi, termasuk dua titik jaringan yang jebol beberapa waktu yang lalu,” katanya lagi.
Dengan berfungsinya jaringan Irigasi Sungai Sirah nanti, maka akan dapat mengairi areal persawahan di sana, sehingga petani bisa turun ke sawah sepanjang tahunnya tanpa lagi menunggu masuknya musim penghujan.
Seorang petani setempat, Gusmanto (40) menyebutkan, perbaikan irigasi sudah lama dinanti oleh petani sehingga mereka bisa turun ke sawah dengan leluasa karena memadainya ketersediaan air.
“Kami berharap perbaikan irigasi berlangsung tepat waktu dengan hasil yang maksimal,” ungkapnya.
Kedatangan bupati ke Nagari Pondok Parian selain meletakan batu pertama rehabilitasi Irigasi Sungai Sirah juga melaksanakan panen bersama Demplot Padi IPDMIP Daerah Irigasi Sungai Sirah.
Dalam kesempatan itu hadir ratusan petani, walinagari se-Kecamatan Lunang, pejabat kecamatan hingga kabupaten termasuk tokoh masyarakat di kecamatan setempat. (myd)

Kami Hadir di Google News