InfrastrukturSumatera Barat

Irigasi Bukik Sikumpa Solok Selatan Ditinjau Tim Verifikasi

73
×

Irigasi Bukik Sikumpa Solok Selatan Ditinjau Tim Verifikasi

Sebarkan artikel ini
Irigasi Bukik Sikumpa, Nagari Alam Pauh Duo Nan Batigo disurvei
Irigasi Bukik Sikumpa, Nagari Alam Pauh Duo Nan Batigo, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan disurvei oleh tim verifikasi, Jumat (7/8/2020). (Humas)

Mjnews.id – Irigasi Jorong Bukik Sikumpa, Nagari Alam Pauh Duo Nan Batigo, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan yang masuk usulan verifikasi Pemda, ditinjau tim verifikasi rehabilitasi dan rekonstruksi BNPB, Jumat (7/8/2020).

Lokasi rencana pembangunan irigasi itu berada di pinggir sungai Batang Bangko. Sebelumnya irigasi ini hanya dibuat secara gotongroyong saja, namun setiap banjir selalu rusak dan tidak bisa dipakai.

Salah seorang petani penggarap sawah, Arman ketika menghampiri rombongan di lokasi irigasi itu, dia bersama warga petani lainnya sangat berharap bangunan irigasi ini betul-betul dibangun.

Diperkirakan, lahan persawahan yang akan dialiri air melalui saluran irigasi itu lebih kurang 250 hektare.

Mengingat selama ini para petani hanya bisa mengandalkan pasokan air dari sungai Batang Bangko, itupun digotongroyongkan pada musim ke sawah.

“Kami sangat berharap bantuan ini segera diwujudkan. Satu-satunya peningkatan ekonomi warga hanya bertani, jika irigasi tidak ada kesulitan terus,” kata Arman.

Kepala Kalaksa BPBD Solok Selatan Richi Amran mengatakan, pihaknya memang sedang berjuang untuk memenuhi kebutuhan warga, termasuk program pembangunan irigasi untuk kehidupan masyarakat petani. Saat ini diusulkan untuk warga kecamatan Pauh Duo.

(edm)

Kami Hadir di Google News