ParlemenSumatera Barat

DPRD Setujui Pembangunan Masjid Agung Payakumbuh

63
×

DPRD Setujui Pembangunan Masjid Agung Payakumbuh

Sebarkan artikel ini
Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan DPRD Kota Payakumbuh
Walikota Payakumbuh, Riza Falepi saat Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan DPRD Kota Payakumbuh dalam Rapat Paripurna. (Ist)

mjnews.id – Setelah menggelar empat rapat paripurna yang digelar di ruang rapat paripurna DPRD Kota Payakumbuh, akhirnya rencana pembagunan Masjid Agung Payakumbuh disetujui. Dimana rapat paripurnan yang digelar secara maraton itu, membahas Penyampaian Persetujuan DPRD terhadap Pembangunan Mesjid Agung Secara Multi Year, Penandatanganan Nota KUA-PPAS APBD TA 2021, Penandatanganan Kesepakatan Pembangunan Mesjid Agung Secara Multi Year, dan Nota Penjelasan Walikota Terhadap KUPA PPAS APBD TA 2020.

Ketua DPRD Payakumbuh, Hamdi Agus, Minggu (9/8/2020), mengatakan, seluruh rapat paripurna yang digelar di gedung dewan itu, dihadiri langsung oleh Walikota Riza Falepi, bersama Sekretaris Daerah Rida Ananda, serta kepala OPD di kota itu.

“Digelarnya empat rapat paripurna ini dan ada dua kesepakatan yang ditandatangani bersama Walikota Riza Falepi telah melalui tahapan antara DPRD bersama Pemko Payakumbuh. Kita berharap keputusan yang kita ambil bersama ini, dapat terus memajukan jalannya pembangunan dan pemerintahan di Kota Payakumbuh,” ujar politisi PKS itu.

Menurutnya, dari tujuh fraksi yang ada di DPRD secara garis besar menyetujui pembangunan Masjid Agung Payakumbuh ini dengan beberapa catatan. Seperti pembebasan lahan harus selesai sebelum mesjid dibangun, serta ada fasilitas bagi lembaga adat dan agama. Sehingga ada integrasi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. “Integrasinya juga dibarengi dengan akan adanya peningkatan ekonomi, karena lokasi berdekatan dengan Ngalau Indah dan Batang Agam,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, secara terpisah, menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPRD yang telah menyetujui KUA PPAS dan Pembangunan Mesjid Agung Payakumbuh. Riza juga menyampaikan, bahkan dirinya menargetkan lahan yang saat ini untuk pembangunan Masjid Agung adalah seluas 4,6 hektar ini bisa sampai 5 hingga 7 hektar nantinya.

“Apresiasi kepada DPRD yang telah ikut menjawab keinginan besar masyarakat Kota Payakumbuh. Kita tak hanya akan membangun Masjid Agung saja di area itu. Banyak lagi sarana yang akan kita siapkan demi meningkatkan perekonomian masyarakat kita, mohon dukungannya,” ucap Riza. (fik)

Kami Hadir di Google News