Sumatera Barat

Warga Padang Panjang Widiarti Juara III Petani Berprestasi Tingkat Sumbar

63
×

Warga Padang Panjang Widiarti Juara III Petani Berprestasi Tingkat Sumbar

Sebarkan artikel ini
widiarti
Widiarti, petani asal Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang.

mjnews.id – Widiarti, petani asal Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang, mencatat prestasi membanggakan. Ia baru saja meraih juara III dalam Ajang Petani Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar tahun 2020.

Widiarti berkesempatan menjadi salah satu perwakilan Padang Panjang dalam mengekspos kegiatan budidaya organik, baik padi maupun sayuran pada bulan Maret lalu. Ia tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Lembuti II.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan melalui Kabid Perikanan dan Pelaksanaan Penyuluh Indra menyampaikan bahwa suatu kebanggaan bagi Padang Panjang salah seorang petani binaannya meraih Juara III Petani Berprestasi tingkat Sumbar.

“Penilaiannya telah dilakukan pada Maret lalu sebelum wabah Covid gencar di Sumbar, khususnya Padang Panjang. Alhamdulillah dua hari lalu kami mendapatkan surat bahwa Padang Panjang mendapat Juara III pada kategori Petani Berprestasi, yang penghargaannya akan diserahkan pada 17 Agustus mendatang di Padang,” kata Indra, Rabu (12/8/2020).

Widiarti sendiri mengaku, ketika diberi kesempatan mewakili Padang Panjang membuatnya sangat antusias sekali. Melalui eksposnya, ia menyebutkan 11 item diantaranya budidaya sayuran organik ramah lingkungan, pembuatan kompos, budidaya tanaman hias, melaksanakan demplot swadaya padi jarwo, melaksanakan demplot bawang merah ramah lingkungan dan yang terfokus pada budidaya padi organik yang telah ia terapkan sejak 2012 hingga sekarang.

Ia menceritakan, selama menerapkan budidaya padi organik, ia mendapat penyuluhan dan masukan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian serta ia juga telah dua kali mendapatkan sertifikat organik.

“Saya pribadi sangat bangga dan bahagia sekali dengan kesempatan yang diberikan. Dan berkat keseriusan dan kegigihan serta kiat-kiat yang disampaikan pemko melalui penyuluh pertanian yang selalu memberikan bimbingan dan pendampingan, alhamdulillah saya meraih sukses,” sebutnya. (aa)

Kami Hadir di Google News