Sumatera Barat

Peringati Hari Lahir Bung Hatta ke-118, Disdikbud Kota Bukittinggi Adakan Sosialisasi Permuseuman

74
×

Peringati Hari Lahir Bung Hatta ke-118, Disdikbud Kota Bukittinggi Adakan Sosialisasi Permuseuman

Sebarkan artikel ini
sosialisasi permuseuman

mjnews.id – Dalam rangka memperingati hari lahirnya Bung Hatta ke-118, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bukittinggi menggelar sosialisasi permuseuman di Auditorium Perpustakaan Bung Hatta Gulai Bancah Bukittinggi, Rabu (12/8/2020).

Kegiatan sosialisasi permuseuman dengan tema “Memajukan Museum berarti memajukan kebudayaan”, dibuka Walikota yang diwakili Kepala Disdikbud Melfi Abra dan dihadiri para pendidik, tokoh masyarakat dan penggiat serta pencinta museum se-Kota Bukittinggi.

Melfi mengatakan, museum selama ini jarang dikunjungi baik oleh pelajar maupun masyarakat. Pada hal, museum merupakan pusat pembelajaran yang dapat menginspirasi pengunjungnya dalam memajukan kebudayaan.

Untuk itu, lanjut Melfi, pihaknya mengajak kepala sekolah, guru dan tokoh masyarakat datang ke museum untuk menambah wawasan tentang banyak hal. Di era global seperti ini, terangnya kaum melineal harus dikenalkan peran dan fungsi museum.

Sekaitan dengan hal itu, ia mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk datang ke museum secara berkala karena diayakini meseum dapat memberikan edukasi kepada semua orang yang datang ke sana.

Kegiatan sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber pakar tentang permuseuman yang intinya mengajak seluruh masyarakat terutama jajaran pendidikan agar memanfaatkan museum sebagai pusat pembelajaran. Sudah selayaknya setiap sekolah, menyusun jadwal kunjungan secara berkala datang ke museum, karena di museum banyak hal yang dapat dijadikan pelajaran dan sumber inspirasi.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Disdikbud kota Bukittinggi Yernida Agus dalam laporanya menyampaikan dalam memperingati Miladnya Bung Hatta ke 118 sengaja memilih kegiatan sosialiasi tentang permuseuman. Memilih tema ini karena diakui selama ini museum kurang banyak diminati oleh masyarakat terutama pelajar.

Untuk itulah, katanya melalui kegiatan sosialisasi ini, ke depan museum semakin diminati untuk menambah wawasan tentang banyak hal terutama yang menyangkut kebudayaan daerah. (ril)

Kami Hadir di Google News