Sumatera Barat

Kebersamaan di Kelurahan Air Tawar Barat Kota Padang Luar Biasa

88
×

Kebersamaan di Kelurahan Air Tawar Barat Kota Padang Luar Biasa

Sebarkan artikel ini
Lurah Air Tawar Nurmatias salam komando
Lurah Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara yang baru Nurmatias salam komando dengan lurah lama Suwondo serta Camat Fajar Sukma dan unsur lainnya usai pisah sambut, Kamis (27/8/2020) di kantor tersebut. (dede amri)

mjnews.id – Semangat kebersamaan tergambar di acara pisah sambut Lurah Air Tawar Barat (ATB) Kecamatan Padang Utara, Kamis (27/8/2020). Suwondo digantikan oleh Nurmatias.

Acara pisah sambut yang dihadiri Camat Padang Utara, Fajar Sukma beserta istri itu tetap menerapkan protokol kesehatan.

Yang menggembirakan hadir juga para lurah sebelum-sebelumnya. Ada empat lurah terdahulu hadir.

Suwondo yang memimpin Kelurahan ATB selama 1 tahun 2 bulan. Selama kurun waktu tersebut kepemimpinan Suwondo di kelurahan dengan luas 1,12 Km itu dianggap mendapat simpatik warga.

Buktinya, saat pisah sambut itu tak sedikit warga terutama kaum ibu-ibu menitikkan air matanya. Ketua LPM ATB Sunarno Gani mengakui dirinya merupakan ‘lawan berat’ dari Suwondo. “Berat bagi kami melepas Pak Lurah Suwondo ini. Dia muda namun sangat tegas dalam memimpin,” ungkap Sunarno Gani.

Lurah baru Nurmatias resmi menjabat sejak 23 Juli 2020. “Sebagai lurah yang baru, saya sudah melihat suasana kebersamaan cukup bagus di sini. Saya welcome, bila ada kesalahan dari saya nantinya demi kemaslahatan warga tolong tegur saya,” ucap Nurmatias.

Nurmatias yang sebelumnya bertugas di Kelurahan Air Tawar Timur (ATT) sebagai sekretaris itu bertekad bakal mengaktifkan kembali seluruh posko penanganan Covid-19.

“Soal penanganan pandemi saya akan mengaktifkan kembali seluruh posko yang jumlahnya ada 14 posko di sini,” janji Nurmatias.

Nurmatias juga bangga sekali dengan Kelompok Siaga Bencana (KSB) kelurahan yang sangat aktif dalam pendekatan di semua unsur.

“Kami tentu akan sangat terbantu dengan keaktifan KSB ini,” tutur Nurmatias.

Suwondo yang mendapat promosi di Kecamatan Padang Utara sebagai Kasi Trantib juga merasa berat meninggalkan warga Air Tawar Barat yang telah banyak membantunya dalam melaksanakan tugas sebagai orang nomor satu di Kelurahan Air Tawar Barat tersebut.

“Banyak pembelajaran yang dapat saya petik di sini. Walau hanya bertugas selama 1 tahun 2 bulan dengan semangat kebersamaan warga sangat berat hati ini,” kata Suwondo yang didampingi istri itu.

Camat Padang Utara, Fajar Sukma yang juga hadir bersama istri tercinta mengapresiasi keluarga besar Kelurahan ATB.

“Ini suatu rahmat bagi keluarga besar Kelurahan ATB. Allah telah mengangkat derajat pemimpin di sini. Buktinya para lurah yang terdahulu mendapat amanah kenaikan jabatan dan pangkat di beberapa instansi,” ucap Fajar.

Fajar juga berkisah dirinya pernah jadi honorer selama 10 tahun di Dinas Damkar Padang. “Saya step by step. Alhamdulillah kini diberi amanah di Padang Utara,” tuturnya.

Fajar mengakui warga di ATB ini luar biasa. “Warga di sini keras dan wajar karena berdekatan dengan pantai. Lalu ada akademisi, pengusaha, UMKM, serta birokrat. Artinya cukup langkok,” jelasnya.

Hadir juga Arnedi Yarmen, Wakil Ketua DPRD Padang. Politisi Partai PKS itu ternyata juga warga ATB.

“Kami sebagai warga Air Tawar Barat tentu sangat mendukung kegiatan ini. Apalagi juga menghadirkan para mantan lurah. Dengan semangat kebersamaan ini , insya Allah kita bisa sukses,” jelasnya.

Salah seorang mantan lurah yang hadir, Adrian Edward juga diberi kesempatan memberi sepatah kata. Begitu pula dari unsur Polsek Padang Utara diwakili Iptu Yusar.

“Sekecil apa pun info dari warga kami dari Polsek siap menampung agar Kamtibmas tetap bisa diatasi. Jujur saja,, daerah kita ini memang sedikit rawan terutama curanmor makanya kepada RT aktifkan lagi pos ronda, mari kita saling bahu membahu,” ucap Iptu Yusar.

Mengakhiri acara pisah sambut itu, ibu-ibu menyuguhkan lagu Bapisah Bukannyo Bacarai dan Kemesraan. Para hadirin tabacak juga air matanya. Acara ditutup dengan makan bersama.

(ded)

Kami Hadir di Google News