Sumatera Barat

Nilai SAKIP Tanah Datar Cenderung Meningkat

62
×

Nilai SAKIP Tanah Datar Cenderung Meningkat

Sebarkan artikel ini
SAKIP Tanah Datar
Pemkab Tanah Datar zoom meeting SAKIP dengan tim evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Aula Eksekutif Kantor Bupati. (Musriadi Musanif)

mjnews.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar, Irwandi menyatakan, dari tahun ke tahun nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dicapai cenderung meningkat.

“Perkembangan nilai SAKIP di Tanah Datar cenderung meningkat sejak 2016, diawali predikat CC dengan nilai 55,23, meningkat menjadi predikat B pada 2017, sampai 2019 masih dengan prediket B dengan ada peningkatan nilai tahunnya, di mana tahun 2019 dengan nilai 64,26 dan tentunya tahun ini, kalau tidak meningkat diharapkan mampu bertahan,” ujarnya.

Irwandi menyatakan hal itu, Selasa (1/9/2020), di Aula Eksekutif Kantor Bupati Tanah Datar, pada zoom meeting SAKIP dengan tim evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pada kesempatan itu, Sekdakab Irwandi didampingi Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, Kepala Baperlitang Alfian Jamrah, Sekretaris Inspektorat Desi Rima dan Kepala Bagian Organisasi Adriyanti Rustam.

Irwandi menyampaikan capaian SAKIP, rekomendasi dan tindak lanjut hasil evaluasi (Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP), rekomendasi dan tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB).

“Pemda Tanah Datar telah berupaya menindaklanjuti sebagian rekomendasi evaluasi tahun 2018 dengan melakukan perubahan terhadap Indikator Kinerja Utama (IKU) ataupun dokumen perencanaan lainnya, melakukan penjenjangan (cascading) kinerja, pembangunan sistem informasi manajemen kinerja perangkat daerah,” ujarnya.

Program prioritas yang telah disusun ke depan, ujarnya, perlu didukung dengan proses bisnis, program dilakukan baru sebatas pelaksanaan program dan penyerapan anggaran dan terakhir evaluasi akun tabilitas kinerja yang dilakukan belum sepenuhnya menggambarkan kondisi penerapan SAKIP di OPD.

Tim Evaluasi Kemenpan RB RI, yakni Puti Rahmawati dan Nabila Haedara secara virtual/daring, menyatakan, tidak seperti tahun sebelumnya yang melakukan kunjungan penilaian langsung, tahun ini kita melakukan secara virtual, namun kami dari tim Kemenpan RB RI menilai SAKIP dan RB Tanah Datar bukan 3 Jam hari ini saja, tapi sudah dilakukan jauh hari, setidaknya dari Maret lalu sudah kita lakukan evaluasi dan penilaian.

Puti berpesan, Pemkab Tanah Datar agar terus melakukan berbagai upaya peningkatan dan pelaksanaan SAKIP juga diimplementasikan. “Kita berharap ke depan SAKIP ini benar-benar dilaksanakan atau diimplementasikan dengan sebenarnya, sehingga capaian program dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tukasnya.

Sementara itu, Sekda Irwandi selepas sesi evaluasi menyampaikan harapannya kepada seluruh OPD untuk bekerja sama dan bekerja keras mempersiapkan SAKIP dan RB Tanah Datar sesuai arahan dan hasil evaluasi tim Kemenpan RB.

“Terima kasih atas pencerahan selama 3 jam ini oleh tim Kemenpan RB, berbagai masukan kami peroleh dan menjadi tugas kami untuk memperbaikinya, karena itu juga dihimbau kepada seluruh OPD mari bersama kita wujudkan berbagai arahan dan masukan yang sudah sama-sama kita dengar, sehingga SAKIB dan RB kita semakin baik ke depan,” ucapnya. 

(Musriadi Musanif)

Kami Hadir di Google News