Sumatera Barat

Perwari Sumatera Barat Hadapi PR Besar

102
×

Perwari Sumatera Barat Hadapi PR Besar

Sebarkan artikel ini
Ketua PD Perwari Sumbar Ardi Sofia
Ketua PD Perwari Sumbar, Hj. Ardi Sofia.

mjnews.id – Pengurus Daerah Persatuan Wanita Republik Indonesia (PD Perwari) Sumatera Barat masa bakti 2020 – 2024 menghadapi sejumlah pekerjaan rumah besar untuk mengangkat marwah organisasi tersebut.

Ketua PD Perwari Sumbar, Hj. Ardi Sofia, SE, MH didampingi Wakil Ketua I Haryati, Penasihat – Anggota Dewan Pertimbangan PD Perwari Sumbar, Hj. Darnis Kamaruddin di Padang, Senin (9/11/2020), mengatakan, sejumlah kegiatan yang harus dihadapi Perwari Sumbar, seperti upaya mengembangkan Pengurus Cabang (PC) Perwari di 19 kabupaten dan kota, konsolidasi organisasi, serta pembenahan sejumlah lembaga pendidikan (TK/PAUD, SD, TPA) di bawah yayasan milik Perwari.

“PC yang ada baru ada di Padang dan Bukittinggi. Untuk itu akan kita kembangkan lagi di 17 kabupaten dan kota di Sumbar,” ujarnya.

Haryati menambahkan, beberapa periode sebelumnya telah terbentuk PC di Solok, Payakumbuh, serta Padang Panjang, namun sayangnya gerakan Perwari di tiga daerah itu belum nampak. Ini mungkin dikarenakan kesibukan para pegiatan Perwari atau hal lain,” katanya.

“Rencana kita memang menghidupkan Perwari yang sudah ada serta mendirikan dan mengembangkan keberadaan Perwari di seluruh Sumbar,” jelas Ardi Sofia.

 

Di samping pengembangan organisasi, dan konsolidasi internal Perwari juga akan dilakukan pembenahan sarana dan prasarana TK/PAUD, SD, TPA Perwari. Sekolah-sekolah Perwari di Padang, yakni SLB Perwari Padang berada di Jalan S. Parman Nomor 23, Ulak Karang dan TK Perwari di Jalan Berok Raya Nomor 92. Sedangkan di Bukittinggi terdapat SD Trisula Perwari, TK Perwari, PAUD Perwari, TPA Perwari, juga terdapat Koperasi Simpan Pinjam Perwari.

“Untuk anak didik khususnya jenjang TK/PAUD, SD kami berorientasi pada skill dan untuk pendidik kami berupaya memperjuangkan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Ini yang terus kami lakukan,” ujarnya.

Ardi Sofia juga mengatakan, tidak mudah untuk beraktivitas secara normal di masa pandemi Covid-19. Kegiatan mesti mengikuti protokol kesehatan; seperti pakai masker, jaga jarak, serta cuci tangan dengan sabun. “Kami akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang telah direncanakan, termasuk anjangsana ke panti asuhan,” katanya.

Penasihat dan Anggota Dewan Pertimbangan PD Perwari Sumbar Hj. Darnis Kamaruddin mengatakan, ada empat bidang yang ditangani Perwari, yakni program pendidikan, ekonomi perempuan (melalui koperasi), hubungan luar negeri, serta bidang hukum.

Menurutnya, sebagai organisasi pergerakan wanita yang lahir masa kemerdekaan, tepatnya 17 Desember 1945, Perwari secara nasional masih konsisten dengan program utama, yakni pendidikan, kesehatan perempuan dan anak-anak, membela hak perempuan dalam perkawinan serta perbaikan nasib buruh perempuan.

“Pola perjuangan Perwari dari era kemerdekaan hingga era reformasi selalu berubah mengikuti perkembangan zaman, namun tetap konsisten dalam bidang pemberdayaan perempuan dan anak-anak,” katanya.

Pihaknya juga berharap pemerintah daerah peduli akan upaya-upaya yang sudah dirintis oleh Perwari saat ini, selain bantuan materil secara sosial juga mendorong hidupnya gerakan perempuan seperti Perwari untuk menjadi perhatian masyarakat luas.

Taty Basjiruddin
Hj. Taty Basjiruddin.

Mendukung

Hj. Taty Basjiruddin, mantan Ketua Perwari Sumbar yang sudah mengabdi lebih dari 30 tahun di Perwari yang dihubungi menyatakan, dirinya mendukung penuh kepengurusan PD Perwari Sumbar di bawah kepemimpinan Hj. Ardi Sofia.

“Beliau itu cinta organisasi dan peduli terhadap perjuangan perempuan dan anak, jadi pantas memimpin Perwari,” katanya.

Taty berharap PD Perwari Sumbar yang baru dapat melanjutkan estafet kepemimpinannya dan dapat bersama pengurus membuat rencana ke depan yang mumpuni untuk kemajuan organisasi,” sebut Ketua Dewan Pertimbangan Perwari Sumbar.

(sap/eds)

Kami Hadir di Google News