Seni Budaya

Anak-anak di TBM Sahabat Bukit Tui Berlatih Bersama Doktor Teater

81
×

Anak-anak di TBM Sahabat Bukit Tui Berlatih Bersama Doktor Teater

Sebarkan artikel ini
Anak anak di TBM Sahabat Bukit Tui Berlatih Bersama Doktor Teater
Anak-anak di TBM Sahabat Bukit Tui berlatih teater dengan Dr. Sulaiman Juned. (Ist)

mjnews.id – Anak-anak di kaki Bukit Tui, Sabtu (24/10/2020) pagi berlatih pernafasan sebagai dasar dalam teatrikal. Pernafasan yang baik akan mendukung pemain untuk bisa memerankan karakter dengan baik dan sempurna. 

Latihan yang digelar di TBM Sahabat Bukit Tui Kelurahan Koto Panjang itu menghadirkan pelatih yang berkompeten di bidang teater, DR. Sulaiman Juned, seorang doktor di bidang teater dari ISI Padang Panjang.

Adoen, panggilan akrab Sulaeman Juned mengungkapkan bahwa saat ini generasi teater Indonesia akan ada di tangan mereka. Dan tentunya harus ada pelatihan khusus untuk mereka sehingga nilai pertunjukan di sebuah teater terasa lebih bermakna.

Hari itu merupakan hari ketiga Adoen melatih pernapasan dan tubuh anak-anak Sahabat Bukit Tui ini. Dengan cara berlari mengelilingi lapangan kecil sambil berteriak, anak-anak sangat antusias mengikuti semua arahan Adoen. 

“Dalam pementasan teater, diperlukan aktor yang memiliki vokal yang baik. Memiliki vokal yang baik bisa dilatih dengan latihan pernapasan. Pernapasan dalam teater juga akan membantu aktor tersebut untuk mengatakan dialog dengan jelas dan lancar. Bisa dibayangkan, apabila aktor tidak memiliki kemampuan pernapasan yang baik, maka akan berpengaruh terhadap kualitas pementasan teater tersebut,” kata Ketua Jurusan Seni Teater ISI Padang Panjang ini.

Peserta kegiatan semakin semangat tatkala dihadiri oleh Lurah Koto Panjang, Icip Hariyanto dan Sekretaris FTBM Kota Padang Panjang, Januar Efendi. 

Icip Hariyanto berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut dan pihaknya siap bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan demi menumbuhkembangkan minat serta bakat anak-anak dalam proses pencarian jati diri seperti ini.

“Sebagai pihak kelurahan kita akan terus memberikan pelayanan yang tepat terhadap kegiatan yang memupuk karakteristik anak-anak di sini. Kita dengan LPM dan Karang Taruna akan terus mengupayakan agar kegiatan ini tidak terputus sampai beberapa hari ini saja. Dengan dukungan masyarakat dan pemerintahan, apapun program bisa dilaksanakan. Kuncinya hanya satu, komunikasi yang baik antar lini akan memudahkan segala urusan dan kegiatan kita,” ucapnya.

“Terimakasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota yang telah memfasilitasi sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik. Kepada pengurus TBM Sahabat Bukit Tui kami juga ucapkan terimakasih karena selama ini telah membantu pihak kelurahan dalam membangun krakteristik anak-anak melalui kegiatan-kegiatan di sini,” tutupnya.

(Musriadi Musanif)

Kami Hadir di Google News