ReligiSeni BudayaTMMD

Warga Salibutan Gelar Tradisi Ghatik Tulak Bala di Lokasi TMMD ke-110

84
×

Warga Salibutan Gelar Tradisi Ghatik Tulak Bala di Lokasi TMMD ke-110

Sebarkan artikel ini
Ghatik Tulak Bala
Masyarakat Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman menggelar tradisi ritual ghatik tulak bala di lokasi TMMD ke-110 di nagari setempat. (ist)

MJNews.id – Masyarakat Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman mengadakan tradisi Ghatik Tulak Bala di lokasi pelaksanaan TMMD ke-110 tahun 2021 di Korong Lipek Pageh, nagari setempat, Rabu (24/2/2021).

Ritual ini di pimpin tokoh Agama setempat, Tuangku Marah Hosen dan diikuti masyarakat. Tujuan dari ghatik tulak bala ini untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT demi terlaksana dengan baik kegiatan TMMD ini, sekaligus anggota dan masyarakat yang bekerja diberikan kesehatan dan dilindungi dari segala bahaya di lokasi tersebut. 

“Acara ritual ghatik tulak bala ini sengaja dilakukan, memohon perlindungan kepada Allah SWT, semoga kegiatan TMMD di Nagari Salibutan berjalan dengan lancar, begitupun anggota Kodim dan masyarakat yang bekerja diberikan kesehatan dan keselamatan,” ujar Tuangku Marah Hosen.

Disebutkannya, yang dikerjakan adalah pembukaan jalan baru, pembuatan jembatan dan bangunan lainnya. Khusus dalam pembukaan jalan baru, tentu daerah yang jarang atau belum pernah dilewati orang. Dalam objek sasaran TMMD ini, lokasi itu di jadikan jalan. “Percaya atau tidaknya terhadap gangguan, kita mohon perlindungan kepada Allah SWT semoga kegiatan berjalan sukses”, ucapnya. 

Diungkapkannya, ritual ghatik tulak bala ini sudah menjadi tradisi di tengah masyarakat. “Setiap ada pembukaan lahan baru atau terjadinya sesuatu di luar pengetahuan manusia, maka kita bermohon kepada Allah SWT diberikan perlindungan,” lanjutnya. 

Hadir dalam kegiatan itu, Danramil 05/Lubuk Alung Kapten Arm Azral Koto, Babinsa, ninik mamak, tokoh agama, para Labai, dan para tokoh masyarakat. 

(as/sul)

Kami Hadir di Google News