PendidikanReligi

Pesantren Ramadhan SMP Negeri 32 Solsel dengan Model Mentoring

68
×

Pesantren Ramadhan SMP Negeri 32 Solsel dengan Model Mentoring

Sebarkan artikel ini
Pesantren Ramadhan SMP Negeri 32 Solsel
Suasana kegiatan Pesantren Ramadhan di SMPN 32 Solok Selatan dengan model mentoring. (Edi MS)

MJNews.id – Marhaban Ya Ramadan, bulan penuh berkah. Bulan di mana syetan dibelenggu, pahala berlipat ganda, dan Allah membuka lebar-lebar pintu surga.

Bahkan momen bulan itu juga untuk belajar agama lebih baik dan untuk lebih mendekatkan diri pada sang Pencipta Allah SWT.

Itu adalah sekulumit harapan yang disampaikan Kepala SMP Negeri 32 Solsel, Yulinda Etfita, SH, M.Pd kepada 83 peserta Pesantren Ramadhan 1442 H / 2021 M.

Menurut Yulinda Etfita, kegiatan pesantren ini selain sebagai bentuk kegiatan rutin bulan Ramadhan, juga memiliki tujuan mencari keridhaan serta meningkatkan iman dan taqwa pada Allah SWT. 

“Bahkan momentum itu juga dapat dijadikan sebagai sarana peningkatan ilmu keagamaan. Bahkan berbagai makna keimanan dan beribadah akan dapat diperoleh oleh masing-masing siswa dari para guru mata pelajaran yang terlibat saat kegiatan,” jelas Yulinda Etfita, didampingi Ketua Pelaksana Kegiatan Pesantren yang juga Wakil Kepala Sekolah, Akmalizar, M.Pd. 

Artinya, kegiatan pesantren yang di bawah koordinator pelaksana, guru PAI, Rezi Rahmat, M.Pd itu selain bermetode ceramah, juga yang sangat khusus dengan model mentoring dan metode kegiatan bimbingan kelompok kecil,” tambah It, panggilan Yulinda Etfita.

“Masing-masing kelompok akan dibimbing oleh seorang guru/mentor,” katanya. 

Ditambahkannya, ke depan sekolah yang megah terletak di Pinang Awan ini harus menjadi minat bagi anak didik di daerah ini. Makanya pihak sekolah sudah menerapkan beberapa program unggulan sekolah bidang keagamaan. 

Diantaranya program keagamaan yang sudah dilaksanakan sekolah anatara lain, pelaksanaan shalad duha, tahfiz dan shalat berjamaah, serta pengajian terkait penguatan budi pekerti, akidah dan akhlak mulia siswa.

“Momen di hari biasa sekolah, kegiatan keagamaan tersebut telah menjadi kegiatan pembiasaan di sekolah ini,” pungkas Yulinda Etfita.

Ditambahkan Akmalizar, bahwa kegiatan pesantren ini dimulai Senin – Sabtu (19-24 April 2021) dan dua tempat, pertama di Mushalla Nurul Ihsan Sapan Bawah hingga hari Rabu 21 April 2021. Kemudian di Masjid Baiturrahmah mulai Kamis hingga Sabtu. 

“Pelaksanaan pesantren dilakukan di rumah ibadah yang ada di dekat sekolah. Karena ada dua rumah ibadah dekat dengan sekolah, maka keduanya kita mamfaatkan untuk kegiatan,” jelas Akmalizar didampingi Rezi Rahmat. 

“Adapun jenis kegiatan selama pesantren antara lain, tadarus Al-Quran, keimanan, muamalah, ibadah, ahklak, dan terakhir kegiatan lomba, ” jelas Akmalizar.

“Kegiatan pesantren ini melibatkan 20 guru, dengan dukungan penuh Komite SMP Negeri 32 Solsel di Pinang Awan ini yang diketuai Tunut,” pungkas Akmalizar.

(afa/ems)

Kami Hadir di Google News