Religi

Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh Padang Pariaman Dilantik

71
×

Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh Padang Pariaman Dilantik

Sebarkan artikel ini
Jamiyyatul Qurra Wal Huffazh Padang Pariaman Dilantik
Pengurus Jam’iyyatul Qura Wal Huffadz PCNU Padang Pariaman dilantik dan dikukuhkan di Kiambang, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung. (ist)

mjnews.id – Tugas berat Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Padang Pariaman adalah menjaga kemurnian Quran dan kandungannya. Selain itu, bagaimana membumikan pemahaman Quran kepada masyarakat.

Demikian diungkapkan Ketua Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh (JQH) Kabupaten Padang Pariaman Amiruddin, usai dilantik, Senin (28/12/2020) di Kiambang, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung.

Pelantikan pengurus Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh oleh Ketua PCNU Padang Pariaman Dr. Zainal Tuanku Mudo, disaksikan Bupati Ali Mukhni, Dosen UIN Imam Bonjol Padang Dr. Syafruddin, jajaran pengurus PCNU, Ketua KPU Zulnaidi, dan Banom NU.

Amiruddin menyebutkan, amanah memimpin Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh merupakan tugas berat. Kita tidak ingin usai pelantikan, nama-nama yang tertera tidak hanya tinggal di SK semata. “Tapi mari kita bergerak untuk membumikan Quran. Untuk itu, perlu kerjasama dan bantuan semua pihak, termasuk bantuan keilmuan dari pihak yang berkompeten,” kata Amiruddin.

Ketua PCNU Padang Pariaman Zainal Tuanku Mudo mengatakan, pembentukan dan pelantikan Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh ini merupakan upaya Nahdlatul Ulama untuk menghidupkan sendi-sendi kehidupan dengan Quran.

“Sebagai Badan Otonom di lingkungan NU yang fokus pada bidang dan pembinaan hafizh-hafizh Quran, harus menjadi prioritas pertama NU dalam bergerak,” tutur Zainal yang juga pengasuh Pesantren Bustanul Yaqin Punggung Kasiak Lubuk Alung ini.

Bupati Ali Mukhni memberikan apresiasi terhadap upaya NU yang memberikan perhatian khusus terhadap Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh. Kerjasama Pemerintah dengan ulama (NU) akan terus di kembangkan dan di tingkatkan. 

“Kita apresiasi NU yang selalu peduli kepada ulama dan Quran. Bagaimana masyarakat menjadikan dirinya membaca Quran minimal 1 kali 24 jam,” kata Ali Mukhni.

Adapun pengurus Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh yang dilantik terdiri dari Dewan Pembina Dr. H. Syafruddin, H. Arizal Aziz dan Kolonel Adrian Adek. Majelis Ilmi, Rais H. Abdur Rahman Tuanku Basa, Wakil Rais Suardi Tuanku Kuniang, Katib Agussari, Wakil Katib Abdul Muis, A’wan Hj. Wismarida, dan H. Jamaris Tuanku Sinaro.

Pengurus Harian: Ketua Amiruddin, Wakil Ketua Ratman. Sekretaris Zulkifli Tuanku Mudo, Wakil Sekretaris Joni Hendra Tuanku Sutan, Bendahara Zamzaini Tuanku Sinaro, Wakil Bendahara Andri.

Pengurus juga dilengkapi bagian-bagian. Yakni bagian Pembinaan Tilawah & Tartil, Zainal Bakar, Dani Rahman, Junaidi Tuanku Sidi Mangkuto, Ahmad Nazir Tuanku Sidi dan Yusmanidar.

Bagian Pembinaat Qiraat Sab’ah: Dahlan, RIko, Qusyairi, Syafrizal Tuanku Tuah dan Syahrial Anwar Tuanku Sutan Sati. Bagian Pembinaan Tahfizh, Ahmad Jamal Tuanku Bagindo Hafizh, Alizar Tuanku Bagindo Malano, Sudirman Tuanku Imam, Ali Mansyar Tuanku Mudo, H.M. Nizaf Tuanku Sidi, Sri Gusti, Febrizal Tuanku Bandaro Putiah dan Nalis Nazir.

Bagian Pembinaan Tafsir, Bulkaini Tuanku Sutan, Suardi, Aguslim Tuanku Marajo, Ali Mulyadi, Ismail Y. Tuanku Sutan dan Syahrial Tuanku Sutan. Bagian Pembinaan Kaligrafi, Ermansyah Tuanku Iman, Arif Rusman Tuanku Kuniang, Mukhlis Ibrahim, Nur Alim dan Andriadi. Bagian Dana dan Koperasi, Azwarman, Andria Gusria, M. Zein, Saniman dan Armanyendi Tuanku Marajo.

(dam/sul)

Kami Hadir di Google News