Religi

Warga Koto Gadang Agam Bangun Masjid Baru

86
×

Warga Koto Gadang Agam Bangun Masjid Baru

Sebarkan artikel ini
Warga Koto Gadang Baso Bangun Masjid Baru
Panitia pembangunan masjid baru Koto Gadang Nagari Persiapan Koto Gadang Kecamatan Baso, Agam bersama masyarakat melakukan gotong royong di lokasi rencana pembangunan Masjid Jabal Nur Koto Gadang yang baru. (Ist)

mjnews.id – Masyarakat Koto Gadang Nagari Persiapan Koto Gadang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam saat ini tengah mempersiapkan pembangunan masjid baru yang berlokasi di Bonjo Malayu Dusun Lakuak Aua Kuniang Jorong Koto Gadang.

Untuk mendirikan pembangunan masjid baru tersebut, setelah dilakukan melalui proses musyawarah dan mufakat yang disetujui oleh ninik mamak se-Koto Gadang yang dihadiri Pj. Walinagari Persiapan Koto Gadang, Serka Rina Wati, pemuka masyarakat dan Kepala Dusun se Koto Gadang, kata Wali Jorong Koto Gadang, Yuzerizal St. Marajo, Jumat (23/10/2020).

Pembangunan Masjid baru yang direncanakan itu berukuran 40×15 meter berasal tanah wakaf dari kaum suku Caniago Dt. Bandaro Manih, sedangkan jalan menuju Masjid tersebut berukuran 10×5 meter juga tanah wakaf dari suku Pisang. Artinya terang Yuzerizal St Marajo, untuk memperluas halaman pekarangan Masjid juga kaum suku Sikumbang telah bersedia mewakafkan tanahnya guna kepentingan sarana ibadah.

Serka Rina Wati Pj. Walinagari Persiapan Koto Gadang mengatakan, adanya partisipasi masyarakat yang disertai semangat untuk mendirikan masjid baru, atas nama pemerintahan nagari Persiapan Koto Gadang memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih, semoga niat baik ini segera terwujud membangun sarana ibadah Masjid yang baru.

“Mengingat Nagari Persiapan Koto Gadang yang cukup luas yang disertai jumlah penduduk cukup banyak, sudah seharusnya ada penambahan bangunan sarana ibadah Masjid. Dengan terbentuknya panitia pembangunan masjid baru ini, semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik, tentunya tidak terlepas bantuan serta dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat Nagari Persiapan Koto Gadang, baik yang di kampung serta dunsanak kita yang berdomisili di perantauan,” harap Serka Rina Wati.

Adapun panitia pelaksana pembangunan Masjid baru yang diberi nama Jabal Nur Koto Gadang Nagari Persiapan Koto Gadang itu, Ketua Ormahunedi Dt. Pangulu Basa, wakil ketua, Irman Efendi, sekretaris, Syaiful Dt. Yang Basa, Bendahara, Anwar Dt. Basa Marajo serta dilengkapi beberapa bidang. 

(*/ril)

Kami Hadir di Google News