Politik

Nama Asnel Mencuat Jadi Kandidat Kuat Calon Wakil Walikota Padang

218
×

Nama Asnel Mencuat Jadi Kandidat Kuat Calon Wakil Walikota Padang

Sebarkan artikel ini
Asnel
Mantan Sekdako Padang, Asnel.

MJNews.id – Nama-nama calon wakil walikota untuk periode 2021-2024 terus mencuat dan menjadi pembicaraan di tengah masyarakat, terutama kalangan pemerintahan. Disebut-sebut dari non partai itu mencuat nama Asnel mantan Sekdako Padang yang ramai dibicarakan.

Asnel memang bukan pengurus partai namun simpatisan PKS dan bisa menjembatani suara anggota DPRD dari Partai Gerindra di DPRD Padang nantinya sebagai pemenang Pileg Padang.

Informasi tersebut dihimpun di lapangan dari berbagai sumber yang bisa dipercaya, Kamis (4/2/2021). Menurut salah seorang narasumber yang keberatan disebutkan namanya, Asnel menjadi sosok yang bisa diterima dari semua partai di DPRD Padang bila diusung oleh PKS sebagai calon wakil walikota Padang.

Sebab, saat ini di DPRD sangat berkembang slogan dalam pemilihan Wawako Padang tersebut ‘Asal Jangan PKS’. Asnel bukan pengurus Partai PKS tetapi simpatisan yang bisa menjembatani semua partai di DPRD Padang. 

Sebab, untuk pemilihan Wawako Padang tersebut sangat ditentukan oleh suara DPRD Padang.

“Bila Asnel yang diusung oleh PKS maka minimal suara PKS, Gerindra dan PAN di DPRD Padang bisa bergabung sehingga bisa melebihi setengah suara DPRD Padang dan maka terpilih sebagai wawako,” ujarnya.

Namun, bila tiga nama dari pengurus PKS seperti Muharlion, Muhidi dan Rahmat shaleh dipilih salah satu calon wawako Padang, maka cukup sulit merangkul suara dari partai lain di DPRD Padang. Selain itu sosok Asnel bukan sosok baru, namun sudah dikenal banyak orang di Padang. Jejak karirnya pun juga sebagai pamong senior hingga sekda, membuat sosok Asnel sudah dikenal banyak kalangan. Di samping itu, dengan karir dan pengalamannya hingga jabatan terakhir sekda membuat Asnel sangat memahami kondisi Kota Padang.

Dengan demikian, Wawako Hendri Septa ketika dilantik menjadi Wako nantinya bisa semakin mantap memimpin Kota Padang. Hendri Septa dengan pengalaman sebagai wako baru didampingi Asnel sebagai wawako, tentu bisa mempertahankan kemajuan Padang dan diharapkan bisa lebih baik dari pemimpin sebelumnya. 

Namun, semuanya tergantung dari PKS sendri apakah sudah solid untuk mengusung Asnel. Sebab, Muharlion sebagai Ketua DPD PKS Padang pun tentu sangat berkeinginan pula menjabat wawako tersebut. Karena, Hendri Septa pun Ketua DPD PAN Kota Padang.

Kemudian, sosok wawako Padang ke depan, juga menjadi sosok yang bisa pula dijual oleh PKS untuk Pilkada Padang 2024. Bila sosok yang tak dikenal dan ada nilai jual, maka PKS akan kehilangan kursi wako pada Pilkada Padang ke depan.

(eff) 

Kami Hadir di Google News