EkonomiPendidikan

Pramuka Kota Sawahlunto Ikut Budidayakan Lebah Madu

96
×

Pramuka Kota Sawahlunto Ikut Budidayakan Lebah Madu

Sebarkan artikel ini
Pramuka Kota Sawahlunto Ikut Budidayakan Lebah Madu
Pimpinan Peternakan Lebah Kwarnas SA Ancim, serahkan koloni lebah pengembangan peternakan budidaya madu kepada Kwarcab Pramuka Sawahlunto. (ist)

mjnews.id – Gebrakan dan ide bernas Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto melakukan pengembangan budidaya lebah madu di Taman Hutan Kota di kawasan Kandi, diapresiasi sejumlah pihak.

Budidaya ternak madu tersebut dimotivatori peternakan lebah madu pramuka Cibubur, ditandai penyerahan koloni lebah kepada Walikota Sawahlunto Deri Asta saat pengukuhan kepengurusan Kwarcab kota tersebut di kawasan Camping Ground Kandi, Kamis (26/11/2020).

Sementara itu, Pelaksana Tugas Ketua Kwarda 03 Sumbar Yulius berharap dengan pembudidayaan lebah madu yang dilakukan Kwarcab Kota Sawahlunto akan dapat meningkatkan usaha serta mendorong perekonomian masyarakat daerah ini.

“Ditekankan pramuka harus terus mengembangkan kegiatan dan kreatifitas serta usaha yang sekaligus sebagai ajang pemberdayaan dan tetaplah bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Dalam kesempatan itu Walikota Sawahlunto Deri Asta sangat mengapresiasi dengan upaya pramuka dalam pengembangan budidaya lebah di kota ini sangat sejalan dengan salah satu program pemerintah untuk peningkatan ekonomi kerakyatan dan menumbuhkan sumber daya manusia di bidang usaha peternakan.

Wako Deri minta pada peternakan lebah pramuka kwarnas yang senantiasa membimbing dan membantu agar kegiatan budidaya lebah madu ini betul-betul dapat berhasil dengan baik.

Dari hasil tinjauan lapangan, peternakan lebah madu ini sangat diharapkan dapat dikembangkan di tengah-tengah masyarakat dan diharapkan dapat lebih meluas karena juga bermanfaat bagi peningkatan budidaya pertanian. Terutama tanaman perkebunan seperti kebun bunga, kopi, durian dan tanaman yang berbunga sebagai pakan madu yang tengah dikembangkan tersebut.

Usai penyerahan koloni lebah madu, Pimpinan Peternakan Lebah Madu Pramuka Kwarnas Subhan Abdullah Acim menyatakan, optimis pengembangan budidaya lebah madu bisa berkembang.

“Bahkan dalam waktu dekat akan dibantu dengan 100 sampai 150 koloni dan dukungan perawatan serta pendampingan sampai panen, sampai dengan kemasan serta pemasaran,” tandas dia.

Dalam kesempatan sama, Ketua Kwarcab Sawahlunto Zohirin Sayuti berharap kepada pengelola peternakan lebah madu Kwarcab Sawahlunto, terus berkomitmen serta bekerja keras dalam pengembangan peterkanan ini.

“Diharapkan taman hutan kota yang dilengkapi peternakan lebah pramuka, jadi kawasan edukasi serta destinasi wisata seperti kawasan wisata lebah madu pramuka di Cibubur,” sebutnya.

(sub/rfd)

Kami Hadir di Google News