EkonomiPendidikan

Koperasi DWP Solok Selatan Meningkat, 24 Pelajar Dapat Bantuan

84
×

Koperasi DWP Solok Selatan Meningkat, 24 Pelajar Dapat Bantuan

Sebarkan artikel ini
serahkan beasiswa dana sosial koperasi pada pelajar

Ketua DWP Solsel, Ny. Esy Erwin Ali menyerahkan beasiswa dana sosial koperasi pada pelajar usai RAT di Aula Sarantau Sasurambi, Selasa (12/1/2021). (ist)

mjnews.id – Dari tahun ke tahun perkembangan modal dari Koperasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Solsel, terus menunjukkan grafik meningkat. Bahkan saat pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020 yang dilaksanakan di Aula Sarantau Sasurambi, Selasa (12/1/2021) tercatat ada peningkatan modal dari tahun 2019 lalu sebesar Rp335 juta atau sebesar 16,21 persen pada 2020.

RAT dibuka Plt. Bupati Solsel yang diwakili Pj. Sekdakab Doni Rahmat Samulo, dihadiri Asisten I Fidel Efendi, Kadis Koperindag dan UKM Budiman, Ketua Koperasi DWP Kab. Solsel, Ny. Esi Erwin Ali beserta seluruh pengurus dan anggota koperasi. 

Ketua Esy Cendrawati mengucapkan apresiasi pada seluruh anggota yang telah berkontribusi untuk kemajuan koperasi, sehingga setiap dilakukan RAT setiap tahun selalu memperlihatkan peningakatan dalam banyak hal. 

“Mulai dari peningkatan modal simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan wajib khusus, simpanan SHU anggota, donasi dana cadangan dan cadangan dana resiko, sehingga mampu meraih peringkat tiga pelaksanaan RAT tercepat di Solsel,” kata Esi. 

Bahkan, santunan sosial pada tahun buku 2020 juga terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2020 berjumlah Rp 46 juta sedang pada tahun 2019 sebesar Rp45 juta. 

Pada 2020 koperasi mampu menyalurkan santunan sosial kepada 98 orang anggota dengan berbagai alasan, dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp22 juta. 

Sementara itu, Doni Rahmat Samulo minta pengurus koperasi bisa bekerja sama tangan dengan pihak Kominfo untuk melahirkan aplikasi toko daring yang bisa dilakukan cukup pakai hape saja. “Ya agar ke depan agar ada aplikasi toko daring yang bisa dilakukan melalui android saja,” ujarnya.

Apalagi, katanya, Koperasi DWP ini memiliki aset yang mencapai 3,5 miliar dari aset-aset Pemda.

Sedangkan Kadis Koperindag, Budiman mengajak pengurus koperasi untuk mempersiapkan diri menuju koperasi syariah. 

Sedangkan Bendahara Koperasi DWP, Ny. Des Martin Edi menjelaskan, hasil RAT DWP tahun buku 2020 dari laporan pertanggungjawaban pengurus berhasil mencatat Sisa Hasil Usaha sebesar Rp 305.535.520. “Jika dibanding dengan SHU tahun buku 2019 sejumlah Rp 252.161.481, terjadi peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp. 53.374.039 atau 21,17 persen,” terangnya.

Kesuksesan ini juga ditandai dengan pemberian santunan dan bantuan dana sosial kepada para siswa dari SD sampai SMA untuk 24 siswa sebesar 275.000 per orang.

(afr/ems)

Kami Hadir di Google News