ParlemenTNI

Ketua DPRD Padang Terima Kunjungan Danlantamal II Teluk Bayur

80
×

Ketua DPRD Padang Terima Kunjungan Danlantamal II Teluk Bayur

Sebarkan artikel ini
Ketua DPRD Padang Terima Kunjungan Danlantamal II Teluk Bayur
Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani menerima kunjungan Danlatamal II Teluk Bayur, Rabu (3/3/2021). (ist)

MJNews.id – Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani menerima kunjungan Danlantamal II Teluk Bayur Laksamana Pertama TNI Hargianto, Rabu (3/3/2021). Kunjungan Danlantamal ini merupakan balasan setelah DPRD Padang bertandang ke Lantamal II Teluk Bayur, Selasa (2/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Laksamana Pertama TNI Hargianto menjelaskan kunjungan ini sebagai bentuk silaturahmi dengan masyarakat sehingga setiap kegiatan yang dilakukan oleh Lantamal dalam menyosialisasikan keberadaan Kampung Bahari Nusantara di Sungai Pisang, Bungus.

“Dipilihnya Sungai Pisang, karena daerahnya strategis, dan berdekatan dengan Teluk Mandeh. Saya telah menjelajahi Indonesia dengan kapal perang, tetapi keindahan Mandeh Tidak ditemukan di daerah lain. Lautnya masih bersih, tidak ada pencemaran dari limbah pabrik, serta terumbu karangnya masih alami,” ucapnya.

Oleh karena itu, Danlantamal II berkeinginan melatih masyarakat yang berada di Sungai Pisang sebagai pemandu wisata yang dapat memberikan kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi. 

“Saat ini masyarakat Sungai Pisang menggantungkan perekonomiannya sebagai pengantar wisatawan yang ingin berwisata di pulau-pulau dengan menggunakan perahu nelayan. Menurut aturan ini tidak boleh, karena kapal untuk penumpang harus memenuhi persyaratan keamanan yang ketat,” jelasnya. 

Alumni Akabri angkatan 87 yang juga kelahiran Bukittinggi menjelaskan akan menjadikan Sungai Pisang sebagai pusat pelatihan olahraga air yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh atlet-atlet olahraga air di Sumbar.

“Dari tujuh cabang olahraga, Sumbar belum memberikan prestasi di tingkat nasional. Oleh karena itu, dengan dijadikannya Sungai Pisang sebagai pusat pelatihan olahraga air, diharapkan akan melahirkan atlet olahraga air yang berprestasi di tingkat nasional. Dipilihnya Sungai Pisang karena daerah ini airnya tenang, pantai nya bagus, dari segi keamanan lautnya tidak berombak besar. Oleh karena itu gagasan ini saya bawa ke DPRD dan memberikan manfaat kepada masyarakat,” tambahnya. 

Dalam pelaksanaan pembangunan Kampung Bahari Nusantara ini, Hargianto menjelaskan TNI AL telah menyiapkan anggaran, tetapi dibutuhkan juga dukungan anggaran dari pemerintah provinsi dan Kota Padang sehingga memberikan faedah kepada masyarakat.

“Program kampung bahari nusantara ini hampir sama dengan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh TNI AD. Sokongan dan dukungan pemerintah daerah dan provinsi sangat dibutuhkan untuk benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat yang berada di pesisir,” ungkapnya.

Selain menyosialisasikan keberadaan Kampung Bahari Nusantara di Sungai Pisang, Bungus, Lantamal II akan membangun rumah sakit yang akan memberikan manfaat bagi TNI AL dan masyarakat.

“Sejak diresmikan pada 2006, kita telah punya dermaga, tetapi kita belum punya rumah sakit untuk merawat jika ada prajurit yang sakit. Oleh karena itu, melalui bantuan Walikota Padang kita akan mendapatkan hibah tanah seluas 5 Ha yang akan dibangun secara bertahap oleh TNI AL,” jelasnya.

Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani dalam kesempatan tersebut menyambut baik usulan dan ide yang dilontarkan Danlantamal II tersebut.

“Kita tentunya menyambut baik apa Danlantamal sampaikan. Nanti apa yang disampaikan Danlatamal akan kita bicarakan dengan pihak eksekutif tentang rencana pembangunan yang akan dilakukan oleh TNI AL tersebut,” tutupnya. 

(bim)

Kami Hadir di Google News