Parlemen

Walikota Erman Safar Hantarkan Rancangan Awal RPJMD Bukittinggi 2021-2026

79
×

Walikota Erman Safar Hantarkan Rancangan Awal RPJMD Bukittinggi 2021-2026

Sebarkan artikel ini
Rancangan Awal RPJMD Bukittinggi 2021 2026
Walikota Erman Safar menyerahkan rancangan awal RPJMD Bukittinggi 2021-2026 kepada Ketua DPRD Herman Sofyan.

MJNews.id – Walikota Bukittinggi, Erman Safar menghantarkan secara resmi rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bukittinggi tahun 2021-2026. Hantaran itu disampaikan dalam rapat paripurna, di gedung DPRD Bukittinggi, Senin 15 Maret 2021. 

Ketua DPRD Bukittinggi, Herrman Sofyan menjelaskan, rancangan awal RPJMD merupakan salah satu tahapan dalam proses penyusunan Perda tentang RPJMD 2021-2026 yang akan menjadi pedoman dalam pembangunan Kota Bukittinggi lima tahun ke depan. 

“Rancangan awal RPJMD 2021-2026 ini akan segera dibahas bersama antara Pemko dan DPRD Bukittinggi. Nantinya hasil pembahasan akan disepakati dalam nota kesepakatan bersama,” ujarnya.

Walikota Bukittinggi, Erman Safar menyampaikan, penyusunan RPJMD Kota Bukittinggi tahun 2021-2026 disusun secara paralel dengan penyusunan RKPD Kota Bukittinggi tahun 2022. 

Secara umum, substansi pada penyusunan RPJMD 2021-2026 merupakan penjabaran umum visi, misi dan program unggulan Kota Bukittinggi lima tahun ke depan. Visi Kota Bukittinggi 2021-2026, ‘Menciptakan Bukittinggi Hebat Berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah’. 

Visi itu dijabarkan dalam tujuh misi. Hebat di sektor peningkatan ekonomi kerakyatan, hebat dalam sektor pendidikan, hebat di sektor kesehatan dan lingkungan, hebat dalam sektor kepariwisataan, seni budaya dan olahraga, hebat dalam tata kelola pemerintahan, hebat dalam sektor sosial kemasyarakatan dan hebat dalam sektor pertanian.

“Visi misi dan program unggulan tersebut diterjemahkan ke dalam arsitektur perencanaan pembangunan daerah, berupa tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan serta indikasi program perangkat daerah. Semua diformulasikan ke dalam dokumen RPJMD yang terdiri dari 9 BAB,” jelasnya.

Rancangan awal ini, lanjut Wako, memang belum sempurna. Namun, setelah selesai, akan dilanjutkan dengan menyusun rancangan RPJMD yang nantinya juga akan ada penyempurnaan melalui Musrenbang RPJMD.

(jef)

Kami Hadir di Google News