EkonomiParlemen

Ketua DPD RI Berharap Pelaku Usaha Ultra Mikro Naik Kelas dengan Rumah UMi

81
×

Ketua DPD RI Berharap Pelaku Usaha Ultra Mikro Naik Kelas dengan Rumah UMi

Sebarkan artikel ini
Lanyalla saat berbelanja di gerai UMKM TravelFood
Ketua DPD RI saat berbelanja di gerai UMKM TravelFood di Kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu yang lalu.

MAKASSAR, MJNews.id – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menyambut baik inovasi KPPN Makassar I yang membuat Rumah UMi. LaNyalla berharap para pelaku usaha ultra mikro memanfaatkannya semaksimal mungkin sehingga naik kelas dan usahanya semakin berkembang. 

“Dengan Rumah UMi, masyarakat utamanya pelaku usaha ultra mikro, dimudahkan untuk mengakses informasi, juga akses hal lainnya termasuk pembiayaan atau penyaluran kredit,” kata LaNyalla saat transit di Makassar dari Mamuju, sebelum melanjutkan penerbangan ke Jakarta, Senin 31 Mei 2021. 

Rumah UMi merupakan wadah informasi mengenai usaha ultra mikro, sekaligus sebagai tempat promosi dan etalase produk usaha ultra mikro (UMi). Rumah UMi rencananya akan diluncurkan di 24 Kota/Kabupaten se-Sulawesi Selatan.

Menurut LaNyalla, usaha ultra mikro saat ini berada di lapisan terbawah dan belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan pembiayaan Ultra Mikro, hal itu bisa diwujudkan.

“Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) ini kan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha. Yang disasar adalah individu yang tidak bisa mengakses KUR. Dengan UMi pelaku usaha ultra mikro menjadi mudah dan cepat mendapat bantuan modal,” katanya.

Dilanjutkan LaNyalla, jika pelaku usaha ultra mikro tersebut berkembang, nantinya akan menambah jumlah wirausaha yang mendapat bantuan pembiayaan dari pemerintah.

“Ini menjadi jembatan bagi usaha mikro penerima bantuan sosial untuk naik kelas dan dapat mengakses pembiayaan dari perbankan,” jelasnya.

UMi memberikan fasilitas pembiayaan maksimal Rp20 juta per nasabah dan disalurkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

Senator asal Jawa Timur itu berharap, para penggiat dan pemerhati usaha ultra mikro ikut terlibat secara masif dalam membantu memfasilitasi dan memudahkan akses pelaku usaha ultra mikro untuk mengembangkan usahanya.

“Harapannya Rumah UMi bisa menjadi bagian pengelolaan keuangan negara yang dapat meningkatkan perekonomian nasional, dengan melahirkan para wirausaha baru,” jelasnya.

(rls dpd) 

Kami Hadir di Google News