Parlemen

Respon Aspirasi Masyarakat, Komisi VIII DPR Fokus Bahas RUU Penanggulangan Bencana

67
×

Respon Aspirasi Masyarakat, Komisi VIII DPR Fokus Bahas RUU Penanggulangan Bencana

Sebarkan artikel ini
asli chaidir
Anggota Komisi VIII DPR, H. Mhd. Asli Chaidir.

mjnews.id – Rancangan Undang-Undang (RUU) Penanggulangan Bencana menjadi fokus utama Komisi VIII DPR sebagai jawaban atas respon masyarakat yang menganggap Undang-Undang sebelumnya tidak memberikan dampak signifikan terhadap penanganan bencana alam di Indonesia.

Anggota Komisi VIII DPR, H. Mhd Asli Chaidir, Kamis (15/10/2020) mengatakan, RUU ini difokuskan agar segera selesai. Komisi VIII juga akan segera melakukan kunjungan ke beberapa daerah di nusantara dengan tujuan melihat langsung dan meminta masukan-masukan kepada masyarakat yang ada.

Dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta belum lama ini, sebut Asli, hal itu menjadi penekanan.

Makanya, Komisi VIII akan meminta dukungan kepada seluruh pihak yang bertanggung jawab atas penanganan bencana alam di Indonesia, agar pembahasan RUU ini dapat berjalan baik sesuai dengan harapan masyarakat.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut menilai bencana alam yang terjadi merupakan kehendak dari Tuhan dan tidak bisa ditolak, untuk itu tugas manusia ialah meminimalisir jumlah korban yang terdampak.

Sebelumnya disebutkan, perubahan UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana ini merupakan inisiatif DPR. Komisi VIII dan pemerintah menyepakati pembentukan panitia kerja pemerintah dan DPR. 

(Effendi)

Kami Hadir di Google News