Nasional

Oalah! Harga Beras Tertinggi dalam Sejarah, Warga: Ini Sangat tidak Masuk Akal karena Kita Negara Agraris

168
×

Oalah! Harga Beras Tertinggi dalam Sejarah, Warga: Ini Sangat tidak Masuk Akal karena Kita Negara Agraris

Sebarkan artikel ini
PERMINTAAN DAN SPHP MASUK RETAIL MODERN.mp4 snapshot 00.34.843
Ilustrasi

Mjnews.id – Harga beras tertinggi dalam sejarah?, Warga sebut ini sangat tidak masuk akal karena Indonesia negara agraris.

Puspita, seorang ibu rumah tangga warga Benowo, Surabaya, Jawa Timur mengatakan, kenaikan harga beras saat ini disebutnya tidak masuk akal.

“Dalam kurun waktu seminggu itu, beras bisa naiknya sampai dua kali kenaikan. Ini sangat tidak masuk akal karena notebene negara kita negara agraris,” keluhnya dilansir dari kanal YouTube BBC News Indonesia, Jumat, 23 Februari 2024.

Meski harga beras naik bagaimanapun tetap harus membeli juga, karena merupakan kebutuhan pokok.

“Kita bisa mengaturnya dengan memilih membeli lauk yang lebih murah. Saya begitu sih kalau menyiasatinya,” katanya.

Pedagang pasar dan pengamat pertanian menyebut, kenaikan harga beras yang terjadi sejak empat bulan terakhir hingga menyentuh harga Rp14.000 per kilogram untuk beras medium dan Rp18.000 per kilogram untuk beras premium adalah yang “tertinggi dalam sejarah”.

Akibatnya ratusan warga di berbagai daerah rela antre berjam-jam demi bisa mendapatkan beras murah yang digelar pemerintah lewat operasi pasar.

Pengamat pertanian dari Universitas Lampung, Bustanul Arifin, memperkirakan kenaikan ini akan berlangsung hingga musim panen April 2024. Pasalnya, El Nino menyebabkan musim tanam mundur. Selain itu, produksi padi tahun 2023 turun sekitar satu juta ton.

Sementara, Koordinator Koalisi Kedaulatan Pangan (KRKP), Ayip Said Abdullah menilai, ada faktor lain yang turut mengerek kenaikan harga beras, yakni kebijakan pemerintah yang jor-joran menggelontorkan bantuan sosial (bansos) saat masa kampanye kemarin.

“Implementasi dari kemarin jor-joran bansos juga berpengaruh. Sebagian ada yang ditarik ke premium untuk dicampur dengan beras medium untuk dijadikan bansos,” jelasnya.

“Imbas dari produksi yang turun tahun lalu, akibat El Nino, dan sebenarnya sudah bosa diprediksi juga, bahwa dampak El Nino itu akan sampai pada kuartal satu paling tidak pada tahun ini mungkin April,” katanya.

Kami Hadir di Google News