MalangJawa Timur

DPRD Kota Malang Gencarkan Pemantapan Wawasan Kebangsaan di Kedungkandang

126
×

DPRD Kota Malang Gencarkan Pemantapan Wawasan Kebangsaan di Kedungkandang

Sebarkan artikel ini
DPRD Kota Malang Gencarkan Pemantapan Wawasan Kebangsaan di Kedungkandang
DPRD Kota Malang Gencarkan Pemantapan Wawasan Kebangsaan di Kedungkandang. (f/ist)

Mjnews.id – Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah/DPRD Kota Malang, Suryadi dan H. Lookh Makhfud, memberikan materi pemantapan wawasan kebangsaan.

Acara yang diselenggarakan oleh Kecamatan Kedungkandang di Hotel Savana, Kota Malang pada Rabu (15/11/2023) ini bertema “Keteladanan Penerapan Nilai-Nilai Pancasila.”

Dalam paparannya, Lookh Makhfud, anggota DPRD dari Komisi B yang membidangi UMKM dan Ekonomi, menjelaskan pentingnya mentauladani para pahlawan pendiri bangsa yang menjadikan Pancasila sebagai pondasi negara. “Kita bisa mencontoh dengan mentauladani para pahlawan pendiri bangsa dalam menjadikan Pancasila sebagai dasar negara,” ungkapnya.

Pentingnya meneladani kebijakan para pendiri bangsa menjadi fokus utama dalam pemahaman wawasan kebangsaan. Lookh Makhfud menekankan bahwa nilai-nilai Pancasila, yang meliputi isu agama, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan sosial, adalah pilar utama dalam membangun bangsa dan negara.

“Maka dari itu, ada tiga hal yang mendasari bagaimana rakyat Indonesia bisa hidup rukun, damai, aman, dan makmur. Yang pertama mentauladani para pendiri, yang kedua memetik saripati dari nilai-nilai Pancasila, dan yang ketiga bagaimana kita mengamalkan itu dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara,” lanjut Lookh Makhfud.

Sebagai anggota DPRD yang selalu bekerja untuk kepentingan rakyat, Lookh Makhfud menegaskan komitmennya dalam menerapkan keadilan dan musyawarah. “Tentu bermusyawarah ini, kita sebagai DPR mengedepankan musyawarah untuk memutuskan suatu persoalan dengan meletakkan kesepakatan dan pemufakatan didalam mengambil keputusan,” tegasnya.

Lookh Makhfud, yang pada Pemilu 2024 maju sebagai Calon Legislatif DPR RI Dapil V Malang Raya no. 2 dari Partai PAN, juga menggarisbawahi target kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, dasar-dasar keadilan dan pemerataan bagi seluruh rakyat Indonesia harus diletakkan sebagai landasan untuk meningkatkan kesejahteraan.

Sebagai anggota DPRD Komisi B yang fokus pada UMKM dan Ekonomi, Lookh Makhfud menyampaikan komitmennya terhadap pemberdayaan masyarakat dan pengembangan infrastruktur ekonomi mikro atau UMKM.

“Saya sering disebut Bapak UMKM Malang Raya, artinya saya memang konsen. Hari ini saya sudah melatih 5000 UMKM di Malang dengan memakai dana reses dan dana aspirasi lainnya yang tercantum dalam APBD Kota Malang,” pungkasnya.

Dengan terus diselenggarakannya kegiatan pemantapan wawasan kebangsaan, Lookh Makhfud berharap masyarakat Kota Malang, terutama di Kecamatan Kedungkandang, dapat lebih memahami makna hidup berbangsa dan bernegara serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (Rmn)

Kami Hadir di Google News