Infrastruktur

Pengerukan Tiga Anak Sungai Penyebab Banjir di Solok Selatan Hampir Rampung

141
×

Pengerukan Tiga Anak Sungai Penyebab Banjir di Solok Selatan Hampir Rampung

Sebarkan artikel ini
Irda Hendri
Kabid Rehab Rekon RR BPBD Solok Selatan, Irda Hendri.

SOLOK SELATAN, MJNews.id – Bencana yang selalu datang di saat hari hujan di Kabupaten Solok Selatan adalah meluapnya sungai, karena banyak anak sungai di Solok Selatan saat ini sudah tidak berfungsi lagi dan sudah terjadi pendangkalan, sehingga di musim penghujan, air sejumlah anak sungai selalu meluap hingga ke dalam rumah penduduk.

Tiga buah titik lokasi anak sungai yang selalu menjadi penyebab banjir itu sudah diperbaiki dan dilakukan pengerukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan.

Lokasi anak sungai yang selalu menjadi trauma warga adalah Batang Pangkua, anak Sungai Panduang, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, dan anak Sungai Batang Sipotu, Nagari Sako Utara, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Demikian Kabid Rehab Rekon RR BPBD Solok Selatan, Irda Hendri di ruang kerjanya, Senin 31 Mei 2021.

Lebih jauh Irda Hendri mengatakan, untuk penanggulangan pasca banjir itu, pihak kami selalu siap siaga, dan ini juga merupakan tanggung jawab BPBD, asalkan dananya stand by.

Sementara kepala BPBD Solok Selatan, Richi Amran juga mengatakan, lokasi anak sungai yqng menjadi penyebab meluapnya air saat hujan di beberapa jorong di KPGD itu sudah mulai dikerjakan.

Sungai Pangkua 100 persen, anak sungai Panduang 20 persen, selesai dalam dua hari lagi, Sipotu 60 persen selesai dalam empat hari lagi.

Sementara itu, kami saat ini sedang mengajukan dana untuk pembelian beronjong kepada Balai Wilayah BWSS V Sumatera di Padang.

Sebanyak 300 unit beronjong pabrikasi yang akan dipergunakan untuk penahan tebing Batang Lolo, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan KPGD yang terban baru-baru ini dan pengaman tebing Sungai Batu Tungau Pakan Rabaa, KPGD.

(fs/abg) 

Kami Hadir di Google News