Infrastruktur

Pemnag Tigo Koto Silungkang Agam Buka Jalan Usaha Tani Sepanjang 3 KM

102
×

Pemnag Tigo Koto Silungkang Agam Buka Jalan Usaha Tani Sepanjang 3 KM

Sebarkan artikel ini
Pemnag Tigo Koto Silungkang Agam Buka Jalan Usaha Tani Sepanjang 3 KM

mjnews.id – Pemerintah Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam membuka jalan usaha tani dan jalan produksi perkebunan dari Pacualan menuju Limau Abuang, Baluka Matua, Jorong Gumarang II, sepanjang 3 kilometer.

Wali Nagari Tigo Koto Silungkang, Doni Cendra mengatakan, gotong royong (goro) pembukaan jalan itu dilakukan bersama PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Palembayan dan masyarakat.

 

Dijelaskan, nantinya jalan ini akan mempermudah masyarakat dalam membawa hasil pertanian dan perkebunannya.

“Walaupun saat ini, jalan yang dirintis baru hanya bisa dilewati kendaraan roda 2, namun kedepannya, jalan tersebut direncanakan akan diperlebar sehingga kendaraan roda 4 bisa melewatinya,” ujarnya.

Selain itu, tambah Doni Cendra, jalan ini juga merupakan jalur trabas yang bakal digelar di Nagari Tigo Koto Silungkang, yang bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata alam yang ada di daerah itu kepada masyarakat luar.

Doni Cendra menjelaskan, tidak jauh dari lokasi jalan yang dirintis, terdapat 2 buah goa. Masyarakat menyebutnya dengan Guo Tambubuang Rayo dan Guo Nyiak Udin.

“Goa ini nantinya akan dikelola dengan baik, sehingga menjadi daya tarik wisatawan, untuk berkunjung,” terangnya.

 

Sementara itu, Ketua PAC PP Palembayan, Maradona menjelaskan, pihaknya selalu mendukung dan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan masyarakat.

“Ini merupakan bentuk kepedulian dari ormas dalam membangun nagari,” ujarnya.

Menurutnya, dengan momen ini, kader pemuda pancasila bisa menunjukkan baktinya bagi nagari sebagai kader sejati.

“Karena saat ini, paradigma pemuda pancasila itu sendiri sudah berubah, tidak lagi sebagai kader upeti maupun kader melati, yang hanya sekedar menebar wangi tanpa bakti,” tutupnya. 

(irm)

Kami Hadir di Google News