Ekonomi

Catat! Ini Daerah Paling Banyak DC Lapangan Pinjol, Kenali Modus Debt Collector Jelang Ramadhan

2252
×

Catat! Ini Daerah Paling Banyak DC Lapangan Pinjol, Kenali Modus Debt Collector Jelang Ramadhan

Sebarkan artikel ini
maxresdefault 5 1

Mjnews.id – Catat! Ini daerah paling banyak DC lapangan pinjol, kenali modus debt collector jelang Ramadhan.

Kali ini, Mjnews.id bakal membahas terkait daerah terbanyak gagal bayar dan paling banyak memiliki DC lapangan. Serta, ciri-ciri modus debt collector jelang Ramadhan.

Pasalnya, modus penipuan pinjaman online jelang Ramadhan makin marak lantaran masih banyaknya nasabah yang gagal bayar (galbay).

Ada beberapa modus debt collector yang harus diwaspadai terutama bagi Anda yang masih galbay. Berikut ulasannya seperti melansir dari kanal YouTube Desi Sutriani, Sabtu, 9 Maret 2024.

Salah satu modus debt collector pinjol seperti berikut ini “Data atas nama Riska Adistia. Kak ini untuk informasi produk. Itu untuk aplikasi-aplikasinya. Terus yang dibawah ini untuk memasukan pembelian produk. Itu untuk tagihannya. Jadi itu untuk dihapus bersih semua dan untuk sekarang tolong dibantu konfirmasi”.

Dari pesan tersebut, kata Desi, ada tulisan Farmasi Inventory Medicine adalah sistem untuk obat-obatan. Jika Anda ingin menggunakan joki pinjol karena tertarik tawarannya. Kalau dapat tawaran penghapusan data seperti itu lihat website mereka.

“Untuk mode penawaran yang seperti itu adalah sistem coding penjualan atau kasir. Mode seperti ini untuk barang-barang yang masuk dan penjualan. Jangan mau dibodoh-bodohi,” katanya.

Pasalnya, tidak ada joki pinjol yang bisa menghapuskan nama Anda didalam sistem perpinjolan. Apalagi sistem pinjol tidak akan mudah dibobol. Sebab, IT, Marketing di pinjol punya Departemen masing-masing.

“Jadi tidak semudah itu dihapus atau bisa dibobol oleh orang-orang dari luar perusahaan pinjol. Jadi jangan mau dibodoh-bodohi oleh joki,” katanya.

Lantas, dimana saja daerah paling banyak DC lapangan pinjol?

Daerah paling banyak DC lapangan yakni, Jabodetabek dan Bandung. Untuk diluar daerah itu nyaris tidak ada Debt Collector.

Namun, ada juga pinjol yang memiliki DC lapangan di daerah luar Jabodetabek. Diantaranya, Akulaku, Dana Cicil, Asetku.

Meskipun ada tapi DC lapangan juga tidak merata hanya random saja. Jika daerah tersebut tertinggi pengguna pinjol sehingga DC-nya juga banyak.

Daerah Tertinggi Pengguna Pinjol

1. Jawa Barat

Jawa Barat paling banyak pengguna pinjol maka tidak heran kalau DC lapangannya juga banyak. Apalagi DC yang bertugas juga berasal dari daerah yang sama sehingga mudah mendatangi nasabah galbay.

Tercatat sebanyak 28,7% pengguna pinjol di Jawa Barat.

2. Jakarta

Jakarta juga banyak pengguna pinjol sebesar 13,80%.

3. Jawa Timur 13,36%

4. Jawa Tengah 12,46%

Daerah tertinggi pengguna pinjol masih seputaran wilayah Jawa.

DC lapangan yang sering bergerilya adalah Akulaku, Shopee Paylater. Sementara untuk bli bli, Lazada nyaris tidak ada. Karena pengguna tertinggi hanya di dua aplikasi tersebut.

Gak heran Akulaku dan Shopee Paylater banyak DC lapangan.

OJK berpesan pada bulan Ramadhan banyak orang-orang yang menggunakan pinjol sehingga perlu hati-hati dengan modus pinjaman online.

Bagi Anda yang galbay atau sudah selesai pembayaran pinjol tetapi akun masih belum ditutup perlu hati-hati

Berikut modus pinjol yang sedang marak

1. Banyak masyarakat yang menerima transferan meskipun mereka tidak pernah pinjam pinjol.

Nasabah yang sudah selesai ataupun tidak mau berurusan lagi dengan pinjol ilegal masih ditransfer uang.

Oleh karena itu, jika Anda sudah selesai dengan pinjol ilegal wajib ganti nomor rekening agar hal buruk tidak terulang.

Bahkan banyak kondar-kondar juga ditransfer oleh pinjol ilegal. Padahal mereka tidak pernah menggunakan aplikasi pinjaman online tersebut.

Hati-hati bagi kondar yang pernah didaftarkan oleh saudara ataupun teman Anda. Jika ada kasus seperti itu langsung saja blokir rekening Anda.

2. Abaikan semua petugas DC lapangan yang datang menagih dengan cara memaksa untuk membayar tagihan pinjol.

Karena bulan Ramadhan banyak DC yang diturunkan oleh perusahaan pinjol lantaran perputaran uang tinggi saat bulan puasa.

Jika ada DC yang membuat keributan dan memaksa untuk suruh bayar pinjaman online suruh saja mereka pulang atau abaikan saja.

3. Abaikan semua promo dan cicilan yang tidak masuk akal

Jika ada yang menawarkan cicilan promo dengan penghapusan bunga abaikan saja. Karena bulan Ramadhan banyak modus penipuan pinjol yang tidak Anda ketahui.

Apalagi ada yang bilang bayar pinjol lewat aplikasi utang akan langsung lunas. Itu hoaks, tidak akan ada. Yang namanya utang wajib negosiasi antara nasabah, perusahaan pinjol dan DC.

So, abaikan saja modus seperti itu. Jangan pernah termakan bujukan DC.

4. Abaikan bentuk parsel mengatasnamakan pinjol

Nanti bulan Ramdhan akan ada parsel yang mengatasnamakan dari aplikasi pinjaman online. Hati-hati jangan mudah terpancing, jangan klik APK.

Pada Pemilu kemarin juga banyak yang mengirimkan link APK. Namun setelah diklik ternyata link untuk meretas rekening. (DANA Kaget)

Oleh karena itu, hati-hati untuk Anda semua. Jangan mudah dibujuk rayu biarkan membayar bunga pinjol daripada Anda termakan modus-modus DC yang akhirnya menyengsarakan Anda. (*)

Kami Hadir di Google News