Ekonomi

Baznas Padang Panjang Salurkan Zakat untuk Tiga Program

97
×

Baznas Padang Panjang Salurkan Zakat untuk Tiga Program

Sebarkan artikel ini
Syamsuarni serahkan zakat
Ketua Baznas Kota Padang Panjang Syamsuarni, S.Ag dan didampingi oleh Wakil Ketua I Zulhendri, SE, ME dan Wakil Ketua IV H. Jasriman Chaniago, S.Ag serahkan zakat secara simbolis.
PADANG PANJANG, MJNews.ID – Badan Amil Zakat Nasional Kota Padang Panjang kembali mendistribusikan 3 program Zakat Padang Panjang Cerdas, Padang Panjang Sehat dan Peduli di Kantor Baznas Kota Padang Panjang, Rabu 28 Juli 2021.
Total dana zakat yang di distribusikan untuk 3 Program ini berjumlah Rp. 136.325.000, dengan rincian yakni, program Padang Panjang Cerdas sebesar Rp. 123.750.000 untuk 57 mustahiq, lalu Padang Panjang Sehat Rp 7.900.000 untuk 3 mustahiq, dan Padang Panjang Peduli Rp 4.675.000 untuk 2 mustahiq.
Distribusi zakat tersebut dibagi menjadi 2 gelombang mengingat jumlah mustahiq yang ramai dan karena sedang diberlakukannya PPKM Level III untuk Kota Padang Panjang.
Secara simbolis zakat diserahkan oleh Ketua Baznas Kota Padang Panjang Syamsuarni, S.Ag dan didampingi oleh Wakil Ketua I Zulhendri, SE, ME dan Wakil Ketua IV H. Jasriman Chaniago, S.Ag.
Ketua Baznas Syamsuarni mengingatkan kepada mustahiq tentang siapa yang berhak menerima zakat agar sadar dengan kemampuan ekonomi masing masing dan tujuan muzakki berzakat sampai ke orang yang tepat.
“Dalam penyaluran ini terdapat calon mustahiq yang ditolak proposal nya dan ada yang diterima berdasarkan hasil kajian kita dilapangan baru dapat di pertimbangkan. Nah, bagi Bapak/Ibu yang di acc proposalnya tapi kalian tergolong mampu, jangan ambil dana ini kasih kesempatan bagi yang sangat membutuhkan, jadikan uang muzakki yang menitipkan hartanya di Baznas ini menjadi berkah baginya dan keluarganya,” ucapnya. 
“Alhamdulillah saya sangat terbantu oleh Program Padang Panjang Cerdas ini untuk membayar uang masuk Kuliah Anak saya di Universitas Riau, kalau tidak ada bantuan ini mungkin saya kebingungan mencari dana untuk membayar uang masuk, takut dia tidak jadi kuliah mewujudkan cita-citanya. Terimakasih banyak untuk para Muzakki di Kota Padang Panjang,” ucap seorang Mustahiq penerima bantuan Program Padang Panjang Cerdas.
Di akhir kata sambutan, Wakil Ketua IV Jasriman mendata para mustahiq yang terlibat hutang dengan rentenir dan bersedia mencari jalan keluar untuk masyarakat yang terlilit hutang.
“Terakhir Bapak/Ibu saya ingin yang hadir disini untuk dapat mengisi data siapa saja yang terlibat hutang dengan rentenir, tuliskan berapa hutangnya, Insha Allah kita akan cari jalan keluar. Untuk itu, marilah kita belajar me-manage uang kita di masa yang serba susah seperti ini, bagaimana kita jangan sampai berhutang dengan rentenir,” imbuhnya.
(mutia)

Kami Hadir di Google News