Ekonomi

Petani Padang Pariaman Inginkan Program Agro Solution PI Group dan Perpadi Sumbar

81
×

Petani Padang Pariaman Inginkan Program Agro Solution PI Group dan Perpadi Sumbar

Sebarkan artikel ini
Petani Padang Pariaman Inginkan Program Agro Solution
Sosialisasi Program Agro Solution ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman.


MJNews.id
– Menindaklanjuti pertemuan antara pengurus DPD Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras (Perpadi) Sumatera Barat dengan PT. Pupuk Indonesia (Persero) atau dikenal dengan nama Pupuk Indonesia Group diwakili oleh PM PI Group Muhammad Burmansyah di Padang, beberapa hari lalu, pada Senin (1/3/2021) pihak Perpadi yang diwakili H. Ali Akbar, Abdul Ganip dan Indra Dewi melakukan sosialisasi Program Agro Solution ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman.

Agro Solution ini memiliki tujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian melalui penyediaan input pertanian, permodalan, akses terhadap off-taker dan juga asuransi, sehingga mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani serta mengurangi ketergantungan terhadap pupuk bersubsidi.

Dalam pertemuan itu, Kabid Tanaman Pangan, Salmiati mengungkapkan, adanya program agro solution dari Kementerian Pertanian RI yang berkolaborasi dengan Pupuk Indonesia Group ini sangat baik jika bisa diterapkan secara maksimal.

“Namun, karena keterbatasan kita di sini dimana yang diminta adalah kriteria IP 400, sementara areal persawahan di Kabupaten Padang Pariaman memiliki IP 250-IP 300,” katanya. 

Menurutnya, pihaknya akan membicarakan dengan Kadis Pertanian Yurisman Yacub. “Semoga bisa diambil kebijakan yang baik untuk kemajuan petani di sini,” ujar Salmiati menambahkan.

Indeks Pertanaman (IP) adalah rata-rata masa tanam dan panen dalam satu tahun pada lahan yang sama. Potensi peningkatan IP di setiap wilayah dapat dilakukan melalui optimalisasi lahan, terutama yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya air, iklim, tanah dan unsur hara secara terpadu, serta melalui pola tanam, baik padi maupun tanaman pangan lainya.

Secara terpisah, Dawanis Tanjung dan Yusar Yulianda menjelaskan kegembiraan mereka dengan adanya program agro solution ini. “Ini perlu kita sampaikan ke Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur – Rahmang, agar menjadi titik tolak kebangkitan petani,” katanya.

“Kita berharap terwujudnya program agro solution ini untuk wilayah Kabupaten Padang Pariaman, karena sangat menunjang kegiatan pertanian, adanya perhatian dari PI Group dan Perpadi membawa program ini di tempat kita,” sambung Yusra Yulianda.

(dam/sul)

Kami Hadir di Google News