Ekonomi

Anggota Koperasi Kota Pariaman Ikuti Pelatihan Pembuatan Laporan RAT dan BPK

90
×

Anggota Koperasi Kota Pariaman Ikuti Pelatihan Pembuatan Laporan RAT dan BPK

Sebarkan artikel ini
Anggota Koperasi Kota Pariaman Ikuti Pelatihan
Syafinal, Narasumber Kegiatan dalam acara Pelatihan Pembuatan Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Laporan Badan Pengawas Koperasi bagi Anggota Koperasi se Kota Pariaman, Rabu 7 April 2021. (humas)

MJNews.id – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Pariaman, menggelar acara Pelatihan Pembuatan Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Dan Laporan Badan Pengawas Koperasi Bagi Anggota Koperasi Se Kota Pariaman.

Acara tersebut digelar selama tiga hari dimulai dari tanggal 7-9 April 2021, bertempat di Gedung Pertemuan SMKN 2 Pariaman Desa Kampung Baru, dengan Narasumber Syafinal, dari Balai Latihan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat.

“Semakin tumbuh dan berkembangnya usaha Koperasi di Kota Pariaman, dirasa perlu mendapat perhatian yang khusus oleh Pemerintah Daerah Kota Pariaman untuk melakukan pembinaan secara kontiniu, untuk pengembanganan Koperasi tersebut kedepannya”, ujar Gusniyeti Zaunit Kadis Perindagkop dan UKM Kota Pariaman dalam sambutannya ketika membuka acara pelatihan tersebut, Rabu 7 April 2021.

Gusniyeti Zaunit mengatakan, Pembinaan tersebut selain memberikan motivasi dan pelatihan, juga disokong dengan pendampingan. Sebagai gambaran beliau menyampaikan bahwa perkembangan Koperasi di Kota Pariaman sebagai berikut, untuk jumlah Koperasi per 31 Desember 2020 berjumlah 88 unit.

Jumlah Koperasi Aktif sebesar 77 unit pada tahun 2020, Koperasi yang melaksanakan RAT sebesar 37 unit, atau 50 % dari koperasi yang aktif. Artinya koperasi yang melaksanakan RAT separuh dari jumlah koperasi yang aktif.

Kadis Perindagkop dan UKM Kota Pariaman ini juga menyampaikan bahwa, tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan ini antara lain adalah untuk meningkatkan pembinaan terhadap Koperasi, untuk memberikan pengetahuan tentang tatacara pembuatan laporan RAT dan Badan Pengawas Koperasi, untuk meningkatkan SDM pengurus dalam mengelola koperasi, dan untuk meningkatkan koperasi yang melaksanakan RAT pada tahun buku 2020, dengan sasarannya adalah pengurus koperasi yang ada di Kota Pariaman.

“Kita berharap dengan dilaksanakannya pelatihan yang diikuti oleh 40 orang peserta dari perwakilan masing-masing koperasi ini, akan bisa meningkatkan sumber daya pengurus dalam mengelola koperasi, serta dapat membuat laporan keuangan kedepannya, sehingga Koperasi yang akan melaksanakan RAT akan lebih meningkat”, tutup Gusniyetti Zaunit.

Sementara itu Syafinal selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan ada sebelas materi yang akan beliau ajarkan kepada peserta pelatihan, diantaranya tentang pemahaman laporan keuangan, bukti transaksi, buku kas, rekap kas tabelaris, rrekap kas, neraca lajur, penjelasan neraca, neraca komperatif, laporan SHU, daftar simpanan, dan pembagian SHU.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini peserta dapat memahami pertanggung jawaban pengurus dan pengawas kepala koperasi, dalam menyusun laporan keuangan. Selain itu peserta juga bisa memberikan penjelasan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas koperasi di bidang laporan keuangan”, tegas Syafinal yang juga merupakan seorang Widyaiswara Ahli Madya di UPTD Balai Diklat Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat.

(hms/aa)

Kami Hadir di Google News