Ekonomi

Pemko Sawahlunto Dukung Kelompok Perikanan Multikarya Group

87
×

Pemko Sawahlunto Dukung Kelompok Perikanan Multikarya Group

Sebarkan artikel ini
Pemko Sawahlunto Dukung Kelompok Perikanan Multikarya Group
Pemko Sawahlunto Dukung Kelompok Perikanan Multikarya Group. (humas)

SAWAHLUNTO, MJNews.ID – Walikota Sawahlunto, Deri Asta bersama Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Ny. Meivyta Deri Asta, mengikuti panen dan penyerahan bibit ikan untuk Kelompok Perikanan Multikarya Group di Dusun Balai Tangah Desa Pasar Kubang Kecamatan Lembah Segar, Sabtu 10 Juli 2021.
Pemko Sawahlunto selain memberikan bantuan bibit ikan dan pendampingan oleh penyuluh perikanan, juga menawarkan bantuan pengembangan usaha perikanan tersebut melalui pinjaman dari UPTD Dana Bergulir.
Kelompok Perikanan Multikarya Group ini mengelola 5 buah kolam yang diisi dengan ikan patin. Kepada Walikota Deri Asta, kelompok tersebut mengaku bahwa kendala yang dihadapi adalah tingginya biaya pakan ikan.
Karena itu, seperti yang disampaikan Ketua Kelompok, Very Arianto, pihaknya sedang merencanakan untuk membuat pakan ikan sendiri. Namun untuk itu dibutuhkan modal yang cukup besar.
“Memang untuk biaya/cost produksi paling besar itu habisnya di biaya pakan. Jadi kami ingin untuk mensiasati hal tersebut dengan membuat pakan sendiri. Namun belum bisa dilaksanakan karena belum cukup modal,” kata Very Arianto.
Menanggapi kendala Kelompok Perikanan Multikarya Group itu, Walikota Deri Asta menawarkan beberapa solusi. Antara lain adalah melalui pinjaman dari UPTD Dana Bergulir.
“Coba dihitung-hitung dulu nilai ekonomis dari hasil panen ikan ini. Nanti perhitungan itu yang menjadi dasar dan pertimbangan untuk diajukan ke UPTD Dana Bergulir,” kata Walikota Deri Asta.
Sementara, Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto yang juga Ketua Forum Gemar Makan Ikan (FORIKAN) Kota Sawahlunto, Ny. Meivyta Deri Asta, menyatakan segera mengkoordinasikan kepada jajarannya di PKK dan FORIKAN untuk membuat produk olahan dari ikan-ikan yang dipanen dari kolam Kelompok Multikarya Group ini. Sehingga dengan produk olahan yang beragam itu, meningkatkan jangkauan pemasaran maupun harga jual.
“Ikan-ikan dari sini sebagai bahan baku, itu potensinya sangat besar bisa kita olah menjadi beragam produk makanan. Kami akan segera mengkaji dan menindaklanjuti ini, bersinergi PKK dengan FORIKAN. Sehingga ikan-ikan ini menjadi semakin menarik bagi masyarakat untuk dikonsumsi, yang mana itu tentunya berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan dari para peternak ikan kita,” kata Ny. Meivyta Deri Asta.
(hum/rfd)

Kami Hadir di Google News