Ekonomi

Koperasi Kemenag Sijunjung Rapat Anggota Tahunan Tutup Buku 2020

152
×

Koperasi Kemenag Sijunjung Rapat Anggota Tahunan Tutup Buku 2020

Sebarkan artikel ini
Koperasi Kemenag Sijunjung Adakan Rapat Anggota Tahunan
Pada pembukaan RAT Koperasi Ikhlas Beramal Kantor Kemenag Sijunjung, di aula kantor tersebut, Senin (18/1/2021), Kabid Koperasi UKM, Asrizal serahkan piagam penghargaan dan bingkisan kepada 10 anggota koperasi pengguna manfaat waserda terbesar. (ist)

MJNews.id – Pengurus Koperasi Ikhlas Beramal Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sijunjung melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2020, di aula kantor tersebut, Senin (18/1/2021).

RAT yang dilaksanakan, dibuka oleh Kabid Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi UKM Kabupaten Sijunjung, Asrizal serta dihadiri sekretaris Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) perwakilan Sijunjung, Suhril dan Kasi Pondok Pesantren (Pontren) Kantor Kemenag, Baktiar.

“RAT yang dilaksanakan Senin ini adalah kelanjutan dari pra RAT yang dilakukan seluruh anggota koperasi Ikhlas Beramal dari Senin sampai Jumat (11-15/1) pada satuan kerjanya masing-masing (seksi, KUA, madrasah, IGRA dan pensiunan). Dalam pra RAT itu, seluruh anggota membahas laporan pengurus dan pengawas yang hasil pembahasan disampaikan kepada pengurus untuk ditindaklanjuti dalam RAT Senin ini,” kata ketua Koperasi Ikhlas Beramal, Asrizal.

Di sisi lain Asrizal menjelaskan, Koperasi Ikhlas Beramal yang pada 2020 terpilih sebagai koperasi pegawai terbaik pertaman di tingkat Kabupaten Sijunjung dan di tingkat Provinsi Sumatera Barat, sampai 31 Desember 2020 memiliki 223 anggota yang terdiri dari pegawai dan pensiun Kantor Kemenag Kabupaten Sijunjung.

Dengan anggota sebanyak itu, bidang usaha yang dikelola, adalah simpan pinjam serta waserda dan kantin. Dari usaha itu, dalam tahun 2020 Koperasi Ikhlas Beramal memperoleh keuntungan Rp640.679.018. Sedangkan pengeluaran Rp475.602.338, sehingga diperoleh Sisa Hasil Usaha (SHU) Rp165.076.680.

“Selama tahun buku 2020, realisasi pinjaman hanya Rp3.611.350.000. Dibanding realisasi pinjaman tahun buku 2019 yang Rp4,290 miliar, realisasi pinjaman tahun buku 2020 turun Rp678.650.000. Menurunnya jumlah pinjaman pada tahun buku 2020, menandakan tingkat kesejahteraan anggota Koperasi Ikhlas Beramal sudah makin baik,” kata Asrizal.

Kasi Pontren, Baktiar mewakili Kepala Kantor Kemenag mengapresiasi pengurus dan pengawas Koperasi Ikhlas Beramal yang mampu mengelola usaha dengan baik, sehingga berdampak terhadap kesejahteraan anggota, dengan harapan pada tahun buku 2021 ini usaha yang dikelola makin baik, kesejahteraan anggota meningkat.

Sementara sekretaris PKPRI perwakilan Sijunjung, Suhril berharap dan berpesan kepada seluruh anggota Koperasi Ikhlas Beramal supaya meminjam dana pada koperasi ini. Jangan meminjam di bank. Kalau ada anggota yang tengah berutang di bank, pinjam dana di koperasi, lunasi utang di bank itu.

“Meminjam kepada bank, untungnya untuk bank. Meminjam di koperasi, untungnya untuk anggota koperasi. Karena itu, anggota Koperasi Ikhlas Beramal jangan meminjam di bank. Kalau ada anggota yang tengah berutang di bank, pinjam dana di koperasi, lunasi utang di bank itu. Jika dana koperasi tidak cukup, Koperasi Ikhlas Beramal bisa meminjam ke PKPRI Provinsi Sumatera Barat,” jelas Suhril.

Kabid Koperasi UKM, Asrizal tidak hanya mengapresiasi pengurus Koperasi Ikhlas Beramal karena telah melaksanakan RAT tepat waktu sehingga merupakan RAT koperasi pegawai perdana di Kabupaten Sijunjung dalam tahun 2021 ini, tapi juga lantaran Koperasi Ikhlas Beramal terpilih sebagai koperasi pegawai terbaik pertaman di tingkat Kabupaten Sijunjung dan di tingkat Provinsi Sumatera Barat pada 2020.

RAT merupakan pertanggungjawaban pengurus terhadap seluruh anggotanya. Karena itu, RAT sangat penting dilaksanakan dalam setiap koperasi serta wajib dan arus diadakan setiap tahun.

“Namun saya mengapresiasi pengurus Koperasi Ikhlas Beramal tidak saja karena telah melaksanakan RAT tepat waktu sehingga merupakan RAT koperasi pegawai perdana di Kabupaten Sijunjung dalam tahun 2021 ini, tapi juga lantaran Koperasi Ikhlas Beramal terpilih sebagai koperasi pegawai terbaik pertaman di tingkat Kabupaten Sijunjung dan di tingkat Provinsi Sumatera Barat pada 2020, dengan harapan prestasi yang diraih bisa dipertahankan dan ditingkatkan,” harap Asrizal.

Di akhir pembukaan RAT, Kabid Koperasi UKM, Asrizal, sekretaris PKPRI perwakilan Sijunjung, Suhril dan Kasi Pontren Kantor Kemenag, Baktiar menyerahkan piagam penghargaan dan bingkisan kepada 10 anggota koperasi pengguna manfaat waserda terbesar, lima satuan kerja pengguna manfaat waserda terbesar, tiga madrasah dengan anggota terbanyak, tiga madrasah terdisiplin, tiga anggota simpan sukarela terbesar, tiga anggota dengan kontribusi terbesar dan tiga anggota dengan tabungan usaha koperasi terbesar.

(nr/def)

Kami Hadir di Google News