Ekonomi

Terbang Perdana, Wings Air Buka Rute PP Padang – Gunung Sitoli

69
×

Terbang Perdana, Wings Air Buka Rute PP Padang – Gunung Sitoli

Sebarkan artikel ini
wings air
Inilah tipe pesawat Wings Air ATR 72-500. (ist)

MJNews.id – Maskapai Wings Air (member of Lion Air Group) akan membuka rute penerbangan Padang tujuan Gunungsitoli, Sumut. Penerbangan perdana dari Bandara Minangkabau Internasional (BIM), Padang Pariaman, Sumbar ke Bandar Udara Binaka di Kecamatan Gunung Sitoli (GNS), telah dijadwalkan pada Rabu (3/2/2021). Untuk tahap awal dengan frekuensi terbang tiga kali sepekan yakni Rabu, Jumat dan Minggu.

Wings Air dengan kode penerbangan IW-1246 akan mengudara pukul 13.05 Waktu Indonesia Barat (GMT+ 07) dari BIM dan memiliki waktu kedatangan di Bandar Udara Binaka pukul 14.15 WIB. Tarif tiket perjalanan terbaik mulai dari Rp 505.800.

Rute sebaliknya penawaran harga fantastis, mulai dari Rp 564.600. Jadwal penerbangan dari Bandara Binaka lepas landas pukul 11.35 WIB dan akan tiba di BIM pukul 12.45 WIB.

Rute Padang-Gunung Sitoli-Padang dinilai akan mampu mengakomodir kebutuhan setiap penumpang di kedua kota, dengan demikian jarak semakin dekat, perjalanan lebih singkat, waktu tempuh cepat serta terjangkau.

Rute penerbangan itu juga menjadi bagian pengembangan bisnis (ekspansi) Wings Air untuk wilayah Indonesia bagian barat seiring memfasilitasi dan menjawab permintaan layanan penerbangan di sektor tersebut.

Selain itu, rute penerbangan yang dilayani secara langsung (point to point) ini saling terhubung, dengan tujuan utama dapat mendukung berbagai program pemerintah dalam rangka percepatan pemulihan perekonomian serta pemerataan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Pilihan baru ini akan semakin meningkatkan minat orang untuk bepergian menggunakan pesawat udara, serta upaya meyakinkan bahwa terbang itu aman, karena pelaksanaan penerbangan dijalankan sebagaimana pedoman prokes, mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan.

Wings Air mengoperasikan armada jenis baling-baling (propeller) yaitu tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600. Pesawat ini berkonfigurasi atau tata letak 2-2 dengan total 72 kursi kelas ekonomi.

ATR 72 adalah pesawat berteknologi canggih yang mempunyai tingkat kenyamanan di kelasnya. Keunggulannya, kabin dirancang lebih futuristik, sehingga penumpang dapat bersantai ketika di kabin sembari menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan luar karena pesawat mampu terbang rendah. Selain itu, penumpang juga bisa bekerja saat penerbangan.

Kualitas udara segar (fresh) terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi, sehingga siklus udara terjamin bersih. Aliran udara dari atas (langit-langit kabin) bergerak satu arah ke bawah (lantai), yang meminimalkan pergerakan udara ke depan dan arah belakang pada kabin (blown transversally and vertically). Udara akan tersedot ke area lantai melalui panel (floor panel level) sesuai proses pada katup aliran tekanan udara (pressurization outflow valves operation).

Volume udara kurang lebih 95 meter kubik di kabin akan selalu diperbaharui dalam waktu 5 sampai dengan 7 menit dengan mengandalkan 2 buah mekanisme ECS packs Operative, 2 buah Recirculation dan Extraction Syatem (by Environment Control System (ECS)) yang menjamin udara dalam kabin tetap segar.

Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan penerbangan, Wings Air juga telah meningkatkan fase sterilisasi seluruh armada. Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat).

“Wings Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi dari pemerintah daerah, regulator, pengelola bandara, pengatur lalu lintas udara, karyawan dan awak pesawat serta berbagai pihak terkait lainnya dalam mendukung operasional agar penerbangan perdana Padang-Gunung Sitoli-Padang dapat berjalan lancar,” ujar Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro dalam relisnya, Selasa (2/2/2021).

Selain itu, Wings Air juga telah membuka rute terbaru yakni Banjarmasin-Sampit-Banjarmasin. Pada semester II/ 2020 Wings Air telah membuka jaringan Makassar-Tana Toraja-Makassar, lalu Makassar-Palu-Makassar serta Kupang-Ruteng-Kupang.

(*/eds)

Kami Hadir di Google News