Ekonomi

Jokowi: Kartu Prakerja itu Semi Bansos

77
×

Jokowi: Kartu Prakerja itu Semi Bansos

Sebarkan artikel ini
Jokowi

mjnews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan program Kartu Prakerja yang ada saat ini tidak seperti tujuan awalnya untuk pelatihan dan peningkatan skill tetapi sudah semi bantuan sosial (bansos).

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat diwawancara Najwa Shihab dalam program Mata Najwa, yang ditayangkan Trans7, Rabu (22/4/2020) malam.

Jokowi menjelaskan sejak awal program Kartu Prakerja memang disiapkan untuk pelatihan bagi masyarakat yang belum mendapat pekerjaan. Program pelatihan dirancang khusus dalam bentuk pelatihan langsung, seperti untuk teknisi coding, programmer, barista dan chef.

Namun penerapan program ini tidak bisa dilakukan secara offline karena pandemi Covid-19, yang kemudian disesuaikan dalam bentuk pelatihan online yang disediakan sejumlah perusahaan startup menjadi pilihan.

“Ada kondisi yang berbeda, yang extra ordinary ,sehingga hanya dalam waktu 1,5 bulan desainnya diubah total. Diubah ke online dalam waktu sangat cepat,” ujar Jokowi. “Tetapi Ini sudah bukan murni training atau murni pelatihan, tapi ini sudah semi bansos.”

Selain mengubah skema pelatihan, pemerintah juga menambah anggaran Kartu Prakerja sehingga bantuan tunai yang diterima masyarakat menjadi lebih besar.

Dari dana sebesar Rp 3,55 juta yang diterima pemegang kartu, hanya Rp 1 juta yang baru bisa digunakan untuk biaya pelatihan. Sisanya diberikan dalam bentuk uang tunai secara bertahap usai pelatihan dilakukan. (*/eds)

Kami Hadir di Google News