Ekonomi

Genjot Usaha Budidaya Ikan Air Tawar di Solok Selatan

82
×

Genjot Usaha Budidaya Ikan Air Tawar di Solok Selatan

Sebarkan artikel ini
pelatihan kewirausahaan pembibitan ikan air tawar
Usai pembukaan pelatihan kewirausahaan pembibitan ikan air tawar, peserta foto bersama Plt. Bupati Solsel Abdul Rahman, Ketua Komisi III DPRD Solsel, Mon Nofrizal dan pejabat lainnya di Pokdakan Banda Batuang. (Ist)

mjnews.id – Melihat potensi Solok Selatan (Solsel) yang sangat baik untuk pengembangan usaha pertanian, terutama pengembangan ikan tawar, maka Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Widya Dharma Nagari Solsel, tahun ini menyelenggarakan pelatihan keterampilan budidaya ikan air tawar.

Ketua Pelaksana yang juga Ketua PKBM Widya Dharma Nagari, Yan Bakter didampingi Bustanul Dekno, mengatakan, kegiatan PKW yang melibatkan 16 peserta dari tiga Kecamatan itu, berkat dukungan dana pemerintah pusat melalui program PKW. Kegiatan inipun dilaksanakan berkat kerjasama dengan PIBB dan UMKM Fharhan, serta Disdikpora Bidang PAUD dan PNF Solsel.

Hadir pada acara pembukaan PKW tersebut, Plt. Bupati. H. Abdul Rahman, Plt. Ketua Komisi III DPRD Solsel, Mon Nofruzal, Kadisdikpora Novrizon, Kabid Perizinan Nofiadi Amela, Kabid Paud/PNF, Ermiwati, Camat Sungai Pagu Rolly Almar, dan Sekna Nagari Pasir Talang Selatan, Riki Suriandi, serta instruktur pelatih kegiatan.

Yan Bakter menjelaskan, kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama 120 JPL praktik dan 30 JPL teori dan praktek kewirausahaan serta pendampingan rintisan usaha.

Abdul Rahman saat membuka acara itu di area Pokdakan Banda Batuang, Nagari Pasir Talang Selatan, menyatakan apresiasinya pada PKBM Widya Dharma Nagari yang telah melirik potensi yang selama ini terabaikan, yaitu pengembangan usaha budidaya ikan air tawar.

“Sebelumnya masyarakat kita masih tergiur dengan potensi alam, seperti tambang emas dan pengolahan kayu. Dimana dua potensi itu saat ini sudah habis atau tidak bisa dikelola lagi,” kata Abdul Rahman.

Mon Nofrizal pun mengapresiasi masyarakat petani dalam melakukan berbagai usaha pertanian tersebut.

“Sebagai wakil rakyat sudah selayaknya saya mendukung penuh segala bentuk usaha pertanian dalam rangka meningkatkan ekonomi mereka,” katanya.

Sementara itu, Sekna Pasir Talang Selatan, Riki Suriandi menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan di nagarinya. Hal ini sangat sinkron dengan rencana pemerintah nagari untuk mewujudkan program Nagari Wisata Ikan di daerah ini. 

(ems)

Kami Hadir di Google News