Ekonomi

Dukung Usaha Kecil dan Menengah, Wawako Payakumbuh Kunjungi Medilla Craft

82
×

Dukung Usaha Kecil dan Menengah, Wawako Payakumbuh Kunjungi Medilla Craft

Sebarkan artikel ini
Wawako Payakumbuh Kunjungi UKM Medilla Craft
Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunas Kunjungi Medilla Craft. (Ist)

mjnews.id – Dalam rangka mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Payakumbuh, yang sangat terdampak dengan pandemi yang terjadi, Pemko setempat selalu meberikan dukungan. Bentuk dukungan yang diberikan itu, diantaranya adalah dengan mengunjungi usaha-usaha yang dijalankan masyarakat.

Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, melakukan kunjungan ke salah satu UKM kerajinan tangan di Kota Payakumbuh, Medilla Craft, yang berlokasi di Kelurahan Talang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis (15/10/2020). Pada kunjungannya di Medilla Craft, Wawako Erwin berkesempatan untuk melihat langsung bagaimana proses seni merajut, yang nantinya akan menghasilkan kerajinan yang bernilai jual.

Pada kesempatan itu, Wawako Erwin Yunaz juga memberikan masukan serta arahan untuk keberlangsungan UKM ini. Bahwa pentingnya membidik pasar dan menentukan target pembeli, merupakan salah satu langkah yang bisa diperhatikan di masa pandemi ini.

“Sebaiknya kita harus tau dulu, apa kebutuhan pasar. Setelah tau apa kebutuhan pasar, maka nanti kita dapat menentukan target pembeli,” ujarnya.

Selain itu, wawako juga mengatakan, bahwa sebagai bentuk usaha dalam memajukan UKM-UKM yang ada di Kota Payakumbuh, Pemko telah mengupayakan beberapa bantuan dan dukungan kepada para pelaku usaha.

“Hal terpenting saat ini, yakni bagaimana kita mengajak masyarakat untuk mulai menggunakan produk-produk UKM. Gerakan ini dimulai dari kepala daerah itu sendiri, agar menjadi contoh kepada orang banyak,” tambahnya.

Sejalan dengan itu, harapan besar bagi Wawako Erwin Yunaz kepada UKM yang ada di Payakumbuh, agar dapat bersaing di pasar global. Dan dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasi demi perkembangan UKM ke depannya. 

“Kita sangat berharap, ke depannya UKM yang ada di Payakumbuh bisa menembus pasar dunia. Karena bukan mustahil hal itu tercapai. Apalagi pasca pandemi ini, semua pasti akan membutuhkan hal-hal yang tidak terpikirkan oleh kita. Oleh karena itu, jangan takut untuk berkreasi,” katanya.

Untuk diketahui, hingga saat ini Medilla Craft yang dirintis oleh Mela Ardila ini, telah menghasilkan beberapa kerajinan unik di antaranya kerajinan sepatu, kerajinan tas, masker dan berbagai jenis kerajinan lainnya. Medilla Craft telah memasarkan produk-produknya di beberapa wilayah. Usaha yang diawali dari kreatifitas dan hobi ibu rumah tangga itu, kemudian mendapatkan respon yang cukup baik dari masyarakat.

“Untuk penjualan perbulannya alhamdulillah dan pembeli lebih banyak datang dari ibu-ibu juga. Karena produk yang kami jual itu, juga ada produk tas rajut jadi kaum hawa pada suka dengan produk kami ini,” tutur Mela. 

(Taufik)

Kami Hadir di Google News