Ekonomi

Tanaman Porang Jadi Komoditi Unggulan di Tanjung Raya Kabupaten Agam

87
×

Tanaman Porang Jadi Komoditi Unggulan di Tanjung Raya Kabupaten Agam

Sebarkan artikel ini
tanam porang
Sejumlah pejabat pertanian dan lainnya melakukan penanaman perdana tanaman porang di Monggong Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Kamis (5/11/2020). (ist)

mjnews.id – Porang sejenis tanaman berbuah dan umbian dijadikan komoditi unggulan di Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. Tanaman tersebut berpotensi tumbuh dan berkembang di sela-sela tanaman lainnya di kawasan hutan dan lainnya di Tanjung Raya.

Harmen Yasin dan Rosmi, Pengurus Gerakan Cinto Nagari Maninjau berupaya memprakarsai budidaya tanaman Porang dengan menghimpun sejumlah warga untuk mengembangkannya. 

“Tanaman ini berpotensi menjadi salah satu tanaman dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di samping usaha lainnya yang ada,” katanya.

Untuk saat ini sudah 30 orang yang berminat mengembangkan tanaman porang ini di lahan masing-masing.

Dan masih dibuka peluang bagi warga Maninjau lainnya melakukan hal yang sama. Setidaknya jumlah warga yang mengembangkan tanaman ini sudah terdapat di 5 jorong di Nagari Maninjau.

“Program ini didukung perantau dan warga kampung halaman dalam meningkatkan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik,” katanya.

Pengurus P3N Sumatera Barat, Dirmansyah menjelaskan, jenis tanaman ini berpotensi dikembangkan di daerah ini, karena cukup sejuk dan kondisi tanahnya sesuai untuk pertumbuhan tanaman ini dengan subur.

Selain itu pihaknya siap menyediakan bibit yang dibutuhkan. “Setidaknya dalam tiga tahun masa tanam sudah bisa menghasilkan.Baik dari katak atau buahnya juga umbinya,” katanya.

Hasil panen tanaman ini bernilai ekspor dalam pengolahan bahan makanan disamping untuk obat obatan bagi masyarakat. Dan juga melalui lembaga yang ada selalu siap membeli produksi tanaman porang berapa pun jumlahnya.

Kasi Pemerintahan Kantor Kecamatan Tanjung Raya, Bayu Wiranata ,berharap usaha budidaya tanaman porang ini berkembang di masyarakat di saat kondisi pandemi covid19 dan menjadi salah satu bentuk UMKM yang bernilai ekonomi disamping usaha lainnya dalam menunjang peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Agam Arief Restu menjelaskan,siap memfasilitasi masyarakat melalui penyuluh pertanian dalam membina petani mengembangkan jenis tanaman porang hidup subur hingga masa panen dan pembibitan lainnya yang diperlukan.

Kepala Balai Benih Induk dan Tanaman Holtikultura Provinsi Sumatera Barat, Elviana mendukung sepenuhnya upaya yang dilakukan masyarakat Maninjau dalam mengembangkan tanaman porang sebagai usaha alternatif pengembangan usaha di masa pandemi dan masa selanjutnya.

“Jenis tanaman ini salah satu famili bunga bangkai dan bisa dikembangkan menjadi salah satu budidaya unggulan di bidang pertanian dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat,” katanya.

(irm)

Kami Hadir di Google News