Ekonomi

Pemko Pariaman Tebar Bibit Ikan di Saluran Irigasi Sungai Pasak

79
×

Pemko Pariaman Tebar Bibit Ikan di Saluran Irigasi Sungai Pasak

Sebarkan artikel ini
Pemko Pariaman Tebar Bibit Ikan di Saluran Irigasi Sungai Pasak
Plt. Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin menebarkan bibit ikan di saluran irigasi Desa Sungai Pasak, Kecamatan Pariaman Timur.(ist)

mjnews.id – Pemko Pariaman memanfaatkan saluran irigasi dengan menebarkan bibit ikan. Hal ini dilakukan demi peningkatan ekonomi masyarakat setempat, sekaligus supaya air yang mengalir di saluran irigasi tetap bersih dan jernih. 

Hal itu sesuai dengan program Water Front City. Di mana, air dijadikan destinasi wisata. Masyarakat dan orang yang datang bisa bersantai di pinggir saluran irigasi yang airnya jernih sambil melihat ikan.

Saluran irigasi yang lewat di Desa Sungai Pasak, Kecamatan Pariaman Timur, ditebarkan bibit ikan nila dan mas. Bibit ikan berasal dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman. Penebaran benih dilakukan oleh Plt. Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Jumat (6/11/2020).

Ikut mendampingi Plt. Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, yakni Kepala Dinas Pertanian, Pangan Dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril dan jajaranya, Camat Pariaman Timur, M. Arif Gunawan, Kepala Desa Sungai Pasak, Harlis dan jajaran Pemerintahan Desa Sungai Pasak serta masyarakat.

Mardison Mahyuddin mengatakan penebaran bibit ikan dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan gizi masyarakat dalam upaya mendukung peningkatan gizi, sekaligus meningkatkan imun tubuh masyarakat. Karena ikan mengandung protein.

“Penebaran benih ikan ini merupakan bagian dari upaya Pemko Pariaman untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dan juga dapat meningkatkan gizi masyarakat, dengan harapan dapat meningkatkan jumlah hasil tangkapan untuk konsumsi bagi masyarakat sehingga bernilai ekonomi untuk pemenuhan kebutuhanya, apalagi dimasa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini,” tukasnya.

Dikatakannya, bahwa untuk kali ini ada 20.000 bibit ikan yang ditebarkan, terdiri dari 10.000 benih ikan nila dan 10.000 benih ikan mas, yang dibagikan untuk dua Desa, yaitu Desa Sungai Pasak dan Desa Air Santok.

“Masing-masing Desa diterima oleh Kelompok Pengawas Masyarakat Perikanan (Pokwasmas) Saipa Saiyo, Desa Sungai Pasak sebanyak 10.000 ekor ikan nila, dan kepada Pokwasmas Santok Jaya, Desa Santok sebanyak 10.000 ekor ikan mas. Selain itu masing-masing Pokwasmas ini juga mendapat Pakan ikan sebanyak 620 kg,” tuturnya.

Mardison menghimbau kepada Pokwasmas yang telah diberikan bantuan untuk sama sama mengajak masyarakat menjaga dan memelihara ikan yang telah ditebar ini, supaya bisa dipanen bersama untuk meningkatkan kebutuhan gizi makanan dan pendapatan masyarakat sekitar. Juga melestarikan dan menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan.

(sul)

Kami Hadir di Google News