Budaya

Lomba Baju Kuruang Basiba Peringati Perang Manggopoh

105
×

Lomba Baju Kuruang Basiba Peringati Perang Manggopoh

Sebarkan artikel ini
Ny Titik Irwan Fikri
Ny. Titik Irwan Fikri.

AGAM, MJNews.ID – Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Agam, Ny. Titik Irwan Fikri mengapresiasi puti bungsu dan bundo kanduang di Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung yang memperagakan baju kuruang basiba.
Ucapan aresiasi itu diungkapkan istri wakil bupati itu, saat membuka acara lomba baju kuruang basiba bagi puti bungsu dan bundo kanduang se-kenagarian Manggopoh, dalam rangkaian acara HUT Perang Manggopoh ke-133 tahun, Selasa 29 Juni 2021, di Medan Nan Bapaneh Manggopoh.
Pada kesempatan itu, Ny. Titik berharap melalui lomba baju kuruang basiba dapat menjadi pendorong kaum perempuan untuk berpakaian selayaknya wanita Minangkabau.
“Kita harus melestarikannya kepada anak cucu kita. Kalau tidak, pakaian adat ini akan tergerus ditelan zaman,” ujar Ny. Titik.
Ny. Titik berpesan, meskipun saat ini akibat perkembangan model pakaian yang beredar, tapi jangan sampai meninggalkan pakaian khas budaya minang.
Apalagi, khususnya generasi muda yang mudah terpengaruh akibat perkembangan modernisasi yang mendewasa, sehingga nilai-nilai budaya habis tergerus.
“Baju kuruang basiba ini adalah titipan nenek moyang kita, sangat penting bagi kita melestarikannya,” ajaknya. 
(emg)

Kami Hadir di Google News