Bola

CR7 Raih 3 Penghargaan Bergengsi Ini Sepanjang 2020

72
×

CR7 Raih 3 Penghargaan Bergengsi Ini Sepanjang 2020

Sebarkan artikel ini
cristiano ronaldo
Cristiano Ronaldo.

mjnews.id – Cristiano Ronaldo secara usia sudah tak lagi muda untuk ukuran pesepakbola yakni 35 tahun. Meski sudah terhitung tua untuk pesepakbola, Cristiano Ronaldo (CR) masih tampil di level teratas.

Terbukti di Liga Italia 2020-2021 saja, CR7 berstatus sebagai top skor sementara dengan koleksi 12 gol. Hebatnya, koleksi 12 gol itu hanya dicetak Cristiano Ronaldo dari 10 pertandingan!

Berkat kiprah apik yang ditunjukkan sepanjang 2020, setidaknya ada tiga gelar bergengsi yang dimenangkan Cristiano Ronaldo.

Pertama, Golden Foot. Cristiano Ronaldo, mengalahkan Lionel Messi dan delapan nominasi lainnya untuk memenangkan ajang tahunan ini. Selain Lionel Messi, nama-nama lain yang dikalahkan Cristiano Ronaldo adalah Robert Lewandowski, Giorgio Chiellini, Neymar Jr, Sergio Ramos, Sergio Aguero, Gerard Pique, Mohamed Salah dan Arturo Vidal.

Bagi yang belum tahu, penganugerahan Golden Foot ini pertama kali diadakan pada 2003. Sejak 2003 hingga sekarang, penghargaan yang dilaksanakan di Monaco ini rutin diadakan setiap tahunnya.

Namun, ada yang unik dalam penghargaan ini. Pemain yang masuk nominasi merupakan pesepakbola yang minimal berusia 28 tahun dan masih aktif di persepakbolaaan profesional.

Panelis kemudian menentukan 10 pemain yang masuk nominasi. Kemudian, responden atau pemilih merupakan masyarakat umum, yang mana siapa saja berhak memilih pemain favorit mereka, asalkan sang pemain idola masuk nominasi.

Satu keunikan lain adalah, pesepakbola yang pernah memenangkan trofi ini takkan pernah lagi meraih penghargaan tersebut. Karena itu, kita takkan bisa melihat Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi meraih banyak trofi, layaknya ketika mereka memenangkan Ballon dOr.

Kedua, Ballon dOr Dream Team. Majalah asal Prancis, France Football, mengumumkan Ballon dOr Dream Team pada Selasa 15 Desember 2020 pagi WIB. Setelah nominasi diumumkan pada 5-14 Oktober 2020, starting XI terbaik akhirnya dirilis, dan terdapat nama-nama tenar seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi hingga mendiang Diego Maradona.

Lantas, bagaimana proses pemilihan hingga terpilih starting XI terbaik dalam pola 3-4-3? Jadi, sebanyak 140 jurnalis dari berbagai negara diminta memilih pemain favoritnya, tentu yang sudah masuk nominasi sebelumnya.

Masuknya Cristiano Ronaldo ke dalam daftar Ballon dOr Dream Team menunjukkan, pesepakbola 35 tahun ini dicap sebagai salah satu pesepakbola ternama yang pernah eksis di muka bumi ini.

Dan pertama, Pemain Terbaik Abad Ini. Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai pemain terbaik abad ini (2001-2020) versi Globe Soccer Awards. Pesepakbola yang biasa disebut CR7 itu mengalahkan nama-nama beken lainnya seperti Lionel Messi, Mohamed Salah hingga legenda asal Brasil, Ronaldinho Gaucho.

Keberhasilan mendapatkan gelar ini membuat Cristiano Ronaldo semringah. Bisa dibilang, gelar ini memacu Cristiano Ronaldo untuk tampil lagi baik bersama Juventus dan Tim Nasional Portugal di sepanjang 2021.

(*)

Kami Hadir di Google News