Berita

Nunang Daya Bangun Pilot Project Kelurahan Bersinar di Kota Payakumbuh

79
×

Nunang Daya Bangun Pilot Project Kelurahan Bersinar di Kota Payakumbuh

Sebarkan artikel ini
Nunang Daya Bangun Pilot Project Kelurahan Bersinar di Kota Payakumbuh

mjnews.id – Pemerintah Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat, menggelar deklarasi Kelurahan Bersinar (bersih narkoba) untuk Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB). Dengan mengusung tagline #hidup100 persen sadar, sehat, produktif dan bahagia, deklarasi itu dilaksanakan di aula Ngalau lantai III balaikota Payakumbuh.

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, Jumat (4/12/2020), mengatakan, dengan mengusung tagline yang telah dibuat itu Pemko Payakumbuh bekerjasama dengan BNN menjadikan Kelurahan NDB sebagai pilot project.

“Deklarasi perdana serta merupakan pilot project dari Pemko Payakumbuh maupun BNN Kota Payakumbuh ini, bertujuan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib bagi masyarakat kelurahan. Sehingga masyarakat bersih dari penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Menurutnya, sebanyak 25 orang dikukuhkan sebagai pengurus pada program kelurahan bersih narkoba di kelurahan NDB, Kecamatan Payakumbuh Barat itu. Dan deklarasi pencanangan Kelurahan NDB bersih narkoba tersebut, juga sangat disuport oleh Kepala BNN Provinsi Sumatra Barat, serta jajaran Forkopimda, Camat Payakumbuh Barat, OPD terkait dan tokoh masyarakat kelurahan NDB.

“Payakumbuh merupakan kota persinggahan, sehingga hal ini rawan karna membuka untuk menjadi akses pintu masuk bagi penyebaran narkoba di kota kita ini,” tambahnya.

Dengan dicanangkan Kelurahan NDB sebagai kelurahan bersih narkoba, merupakan bukti bahwa Pemko Payakumbuh sangat mendukung pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

“Sehingga nantinya, dengan niat dan bergerak secara bersama maka akan dapat menjadikan kota yang aman dan tertib dari narkoba. Serta tindakan kriminal lainnya bagi seluruh warga kota Payakumbuh juga dapat ditekan,” harap Wawako Erwin.

Sementara itu, Lurah NDB Ari Ashari, yang dihubungi terpisah, mengatakan sangat mengapresiasi atas dipilihnya kelurahan NDB sebagai pilot project dalam program kelurahan bersih narkoba.

“Alhamdulilah, suatu kebanggaan bagi kami di kelurahan NDB, yang ditunjuk sebagai role model dalam pilot project yang bertujuan menciptakan kota Payakumbuh bersih narkoba ini. Mudah-mudahan keinginan bersama itu bisa menjadikan Payakumbuh umumnya dan NDB khusunya terbebas dari narkoba,” ucapnya.

Dikatakannya, meskipun telah ditunjuknya Kelurahan NDB sebagai kelurahan pertama dalam program Bersinar, yang dibentuk Pemko bersama BNN Kota Payakumbuh ini, pihaknya berharap tidak ingin hanya dari kelurahan NDB saja yang aktif menjaga Kota Payakumbuh agar bersih dari narkoba.

“Mari kita semua warga kota Payakumbuh untuk saling menjaga dengan selalu aktif melaksanakan program P4GN di Payakumbuh secara bersama. Sehingga dengan cara ini, tentu Payakumbuh dapat kita wujudkan menjadi kota yang bebas dari narkoba nantinya,” katanya.

Sebelumnya, Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Sumatra Barat Kusrianto, saat deklarasi itu, menyampaikan, pihak BNN Provinsi Sumbar sangat mengapresiasi Pemko Payakumbuh dan BNN Kota Payakumbuh.

“Tentu ini suatu prestasi yang sangat baik kedepannya bagi kota Payakumbuh. Karena dengan telah dicanangkan satu kelurahan di Payakumbuh sebagai kelurahan bersih narkoba, maka ini sudah menjadi titik terang dalam mewujudkan Kota Payakumbuh menjadi kota yang aman, nyaman dan tertib dari narkoba serta kejahatan kriminal lain nantinya,” ucapnya.

(fik)

Kami Hadir di Google News